oleh

BBPOM Bandar Lampung dan Koperindag Pringsewu Melakukan Sidak di Pasar Induk Pringsewu

-Pringsewu-319 views

PRINGSEWU – Analisis.co.id
Jelang lebaran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan BBPOM Bandar Lampung turun lakukan pengawasan dan penelitia dipasar Induk Pringsewu pasar moderen pasar tradisional dan supermarket Candra ,Indomert,hal itu dilakukan supaya masyarakat dalam memenui kebutuhan khususny jelang lebaran terhindar dari makanan yang mengandung bahan pengawet atau sejenisnya.

Sebanyak 26 jenis makanan telah diambil sampelnya dan diteliti oleh para petugas balai POM hasilnya semua yang diambil sampelnya negatip dan layak konsumsi antara lain bakso,mie basah tahu,kerupuk dan kue basah,termasuk sayuran.

Kepala badan POM bandar Lampung Sukriadi Darma SSI.Apt.mengatakan untuk melakukan penelitian (sidak) pihaknya tidak terpaku pada saat mau hari besar keagamaan namun tetap dilakukan sewaktu waktu,karena untuk penelitian jenis makanan untuk kebutuhan masyarakat tentunya harus secara rutin untuk melakukan penelitian sidak dilapangan supaya mengetahui makanan yang mengandung bahan yang berbahaya yang terkandung dalam makanan,maka secara diam diam badan POM selalu melakukan pengawasan langsung kelapangan,”jelasnya.

Selain dari 14 personil dari Balai POM Bandar Lampung turut serta dalam sidak pasar Asisten 11, Masykur Hasan,Bambang Suharmanu Kadis Koperindag,Iskandar Muda kadis Ketahanan Pangan,dinas Kesehatan dan dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu.

Asisten 11 Masykur Hasan bahwa perlunya pengawasan langsung kepasar pasar supaya setiap makanan dapat terdeteksi secara nyata adanya bahan pengawet atau formalin yang terkandung didalamnya,maka harus terjun langsung dan cek serta diuji kelayakan semua jenis makanan yang menjadi kebutuhan setiap hari,”tidak tergantung hari raya keagamaan saja namun untuk pengawasan selalu dilakukan secara rutin dan diam2.

Sementara Kepala dinas Koperindag Pringsewu Bambang Suharmanu,berterimakasih kepada Balai POM Bandar Lampung yang melakukan sidak jelang hari raya Idhul Fitri 1442 H,2021 dan Alhamdulillah dari 26 sample yang diambil semuanya terhindar dari bahan pengawet (bersih layak konsumsi).

Baca Juga:  15 Tahun Pringsewu Sudah Banyak Perubahan

Selesai dari pasar induk dilanjutkan ke pajaresuk melakukan penelitian gudan daging beku impor dari timur tengah australi newjelan,petugas mengambil sample untuk diteliti lebih lanjut ke laboratorium supaya mengetahui sehat tidaknya daging impor yang beredar di kabupaten Pringsewu,”pungkasnya.( yudi )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed