oleh

Antisipasi Lonjakan Trafik Hutama Karya Tambah Fasilitas Pelayanan


SUMATRA – Paska dikeluarkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan
Masyarakat (PPKM) Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) oleh Menteri Dalam Negri
(Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian, PT Hutama Karya (Persero)
(Hutama Karya) sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tetap melakukan persiapan
pelayanan tambahan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik pada jalan tol yang
dikelola khususnya di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).


Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan bahwa persiapan tersebut
mencakup peningkatan pelayanan, pemeliharaan, serta pengetatan protokol kesehatan di jalan
tol yang dikelola. “Di pelayanan, kami lakukan penambahan kapastitas gardu di Gerbang Tol
(GT) Bakauheni Selatan, Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang menjadi pintu awal masuk
JTTS menjadi 3 (tiga) entrance dan 4 (empat) exit serta penambahan gardu di GT Itera, Ruas
Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung menjadi 3 (tiga) entrance dan 3 (tiga)
exit. Kami juga lengkapi setiap gardu dengan bantuan Mobile Reader untuk mengantisipasi
terjadinya antrian di gerbang tol. Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan di
penyebrangan Bakauheni, Hutama Karya bekerjasama dengan ASDP untuk menyediakan
kantong-kantong parkir agar tidak terjadi antrian mengingat saat ini tiket kapal sudah melalui
online. Demi kenyamanan pengguna jalan tol, kami tetap mengoperasikan seluruh Rest Area
yang dikelola, diantaranya yakni 9 (sembilan) Rest Area di Ruas Terbanggi Besar – Pematang
Panggang – Kayu Agung tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234
A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A, 8 (delapan) Rest Area di Ruas Bakauheni –
Terbanggi Besar yang terletak di KM 20 A, KM 20 B, KM 49 A, KM 87 B, 116 A dan KM
116 B serta 4 (empat) Rest Area Temprorary di Ruas Pekanbaru – Dumai yang kualitas-nya
sudah cukup lengkap seperti SPBU, tenan UMKM, Minimarket, Musholla, dan lainnya,” tutur
Koentjoro.
Lebih lanjut, Koentjoro menambahkan bahwa kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas
JTTS yakni tambahan Toilet Cabin, Mobil Tangki Air, Hindran, Layanan Derek Gratis di jalan
tol maupun Rest Area, memastikan suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ada di setiap
SPBU selalu tersedia, menyiapkan layanan bengkel dan meningkatkan pelayanan dalam
memperketat Protokol Kesehatan (Prokes).
“Kami pun menyiapkan pos kesehatan gratis dimana pengguna jalan dapat mengecek kondisi
fisiknya secara gratis dan memastikan bahwa petugas tol kami telah divaksin dan terkonfirmasi
negatif Covid-19 sebelum diperbolehkan untuk bekerja serta terus menerapkan prokes yang
ada di lingkungan jalan tol yang dikelola,” tambah Koentjoro.
Selain itu, dari sisi pemeliharaan, Hutama Karya terus melakukan perawatan dan perbaikan di
jalan tol yang dikelola. “Kami menambahkan penunjang operasional tol seperti Rumble Strip
dan Rumble dot, Warning lamp, CCTV yang berada setiap satu kilometer dengan kamera dua
arah sehingga dapat memantau seluruh aktivitas yang berada di jalan tol, dan dilakukan pula
pemeliharaan secara berkala sesuai SPM demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol,
sehingga apabila terjadi kondisi fisik jalan tol yang kurang baik seperti jalan yang berlubang
atau bahkan longsor, akan segera kami tangani secepatnya dengan menggunakan berbagai jenis
perbaikan diantaranya yakni dengan Patching Hotmix, Scrapping, Filling & Overlay (SFO)
sampai dengan Rekonstruksi Beton Rigid tergantung dengan kebutuhan perbaikannya,” ujar
Koentjoro.
Sampai saat ini, Hutama Karya belum menerima arahan pemerintah untuk menerapkan
penyekatan maupun kebijakan Ganjil-Genap di ruas tol yang dikelola. “Pada prinsipnya,
perusahaan mengikuti arahan dari Pemerintah selaku regulator terkait dengan penanganan
pencegahan Covid-19 serta selalu memberikan pelayanan yang optimal di jalan tol yang
dikelola, termasuk jika nanti ada kebijakan tambahan terkait dengan mobilitas masyarakat di
masa PPKM Nataru” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.
Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan
dan tata tertib yang berlaku di jalan tol diantaranya yakni dengan menggunakan satu kartu Uang
Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum
memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat
menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur
Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.
Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan
kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu
jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest
Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.
Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol
maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.
Salam Setuju. Selamat Sampai Tujuan.
Sekilas Tentang Hutama Karya
PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Pengembang
Infrastruktur dan Pengelola Jalan Tol yang menyediakan Jasa Konstruksi & EPC, Investasi Jalan Tol, Operasi
Dan Pemeliharaan Jalan Tol, Manufaktur serta Pengembangan Properti dan Kawasan. Saat ini perusahaan
sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera
sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam menjalankan visi sebagai Pengembang Infrastruktur
Terkemuka Indonesia, Hutama Karya berkolaborasi dengan 3 anak perusahaannya mengoptimalkan inovasi
pada setiap aspek bisnisnya agar tetap menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan Infrastruktur.
Indonesia. Adapun ketiga anak perusahaan Hutama Karya saat ini adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI)
di bidang jasa konstruksi, PT Hakaaston (HKA) di bidang manufaktur dan penyedia aspal beton, serta PT Hutama
Karya Realtindo (HKR) di bidang pengembang properti.

Baca Juga:  Harry Kohar Obati Kerinduan Penggemar

BUMNUntukIndonesia

HutamaKaryaUntukIndonesia

MenghubungkanKEBAIKAN

KitaSetujuKeselamatanAdalahNomorSatu

EVP of Corporate Secretary
PT Hutama Karya (Persero)
Tjahjo Purnomo
Media Inquiry :
Intan Zania
VP Komunikasi Korporat
PT Hutama Karya (Persero)
No Hp: 08121160408
Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di
[email protected]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed