oleh

Kunker ke Metro, Kabid Humas Polda Lampung Diskusi Manajemen Media

-Daerah-530 views

Kota Metro– Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Polres Kota Metro.

Pada kunjungan tersebut Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung, Kombes. Pol. Zahwani Pandra menjalin silahturahmi bersama Jurnalis di Kota Metro dengan mengadakan diskusi tentang manajemen media, di aula Mapolres setempat, Rabu (23/10/2022).

Dalam diskusi santai itu, Kabid Humas Polda Lampung Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad menyampaikan peran media sangat penting dalam menyampaikan informasi ke publik. Tentunya, pada penyampaian informasi ke publik harus mengacu pada asas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

“Pers harus dilindungi dan pers harus diberikan kebebasan pada karya tulisnya yang dibuat. Akan tetapi, teman-teman juga sebagai seorang jurnalis harus paham mengenai kaidah-kaidah Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang ada. Apalagi saat ini Dewan Pers bersama Polri telah melakukan teken Kerja Sama untuk menjamin Perlindungan terhadap Jurnalis.
Dan saya juga salah satu narasumber yang menjadi penguji UKW di Dewan Pers,” ucap Pandra saat berikan presentasi manajemen media ke Insan Pers.

Menurutnya, Pada saat ini Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi seorang jurnalis akan lebih mudah mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat baik di tingkat Polda Lampung maupun di Jajaran Polres Metro.

“Artinya, penulisan karya jurnalistik yang dibuat oleh seorang jurnalis harus mengacu pada unsur 5W+ 1H. Sehingga informasi yang dibuat teman-teman jurnalis tidak menjadi liar (Hoax) bagi publik di jejaring media sosial,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Kabid Humas Polda Lampung Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad. Ia meminta Kapolres Metro beserta jajarannya untuk dapat memberikan statemen atau jawaban mengenai peristiwa yang sedang terjadi.

Baca Juga:  Rumah Tak Layak Huni, Pemkab Lamsel Tak Ambil Peduli

“Saya minta untuk bagian Humas dapat menjalin komunikasi yang lebih dekat lagi bersama Insan Pers di Kota Metro.
Sehingga, karya tulis pemberitaan yang dibuat teman-teman jurnalis dapat menghasilkan karya tulis yang akurat, cepat dan tepat. Tentunya, hal ini dapat mencegah terjadinya informasi Hoax dan Post Truth bagi publik di Media Sosial,” paparnya.

Ia juga berpesan, Agar Polres Metro bersama Insan Pers dapat bersinergi dalam mempublikasi informasi kegiatan yang ada di Polres Metro mengingat saat ini hasil ranting Analisa Top Issue Harian pada 21 November 2022 Polres Metro berada di urutan ke-15 di Provinsi Lampung.

“Semoga dengan adanya kegiatan diskusi tentang manajemen media yang dilaksanakan Polres Metro bersama Insan Pers Metro dapat menaikan dan mencapai ranting yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman- teman jurnalis untuk mengikuti diskusi bersama Kabid Humas Polda Lampung mengenai Manajemen Media.

Menanggapi hasil ranting Analisa Top Issue Harian Polres Metro di urutan ke-15 di Provinsi Lampung. Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun mengatakan bahwa, Langkah pertama yang telah kita lakukan pada hari ini dengan mengundang Kabid Humas Polda Lampung.

“Langkah pertama yang sudah kita lakukan dengan mengundang Bapak Kabid Humas Polda Lampung dan menghadirkan rekan-rekan jurnalis. Hal itu yang ada dibenak pikiran saya. Karena saya merasa ikut prihatin dan saya ingin mengangkat nama baik institusi kita khususnya di Polres Metro,” ucapnya.

Menurutnya, Sangat diperlukan sinergitas tak hanya dilakukan TNI/Polri akan tetapi sinergitas juga dilakukan bersama teman-teman jurnalis di Kota Metro.

“Untuk terkait hasil ranting pemberitaan itu adanya sinergitas juga selain dengan TNI/Polri. Akan tetapi sangat diperlukan juga dengan rekan-rekan jurnalis yang ada di Kota Metro. Rekan-rekan dari pertama saya datang adalah Sahabat
Kamtibmas saya yang pertama. Selalu Sahabat Kamtibmas, Kenapa..? dengan Sahabat Kamtibmas itu salah satunya ide dari rekan-rekan jurnalis dan saya ingin mengangkat ide tersebut. Jadi, saya juga bagian dari rekan-rekan jurnalis dan saya juga bagian dari masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Gelar Rapat Penanggulangan Kemiskinan, Pandu Jadi Narasumber

Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun mengajak rekan-rekan jurnalis untuk dapat menjaga Kamtibmas di Bumi Sai Wawai ini.

“Mari kita bersama-sama menciptakan keamanan, kenyamanan dan ketertiban di wilayah Hukum Polres Kota Metro. Tentu caranya, dengan memberitakan hal yang positif, bagaimana kita menciptakan keamanan. Menjaga hal itu merupakan suatu hal ibadah. Tolong bantu saya dan mohon kerjasamanya mudah-mudahan kita bisa mengangkat Polres Metro ini khususnya dalam ranting pemberitaan yang lebih baik lagi, ”pungkasnya. (Rahmat).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed