oleh

Pemkot Metro Raih Penghargaan STBM Award dari Kemenkes RI

-Daerah-440 views

Kota Metro– Pemerintah Kota Metro berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) tentang STBM award.

STMB ini sendiri adalah singkatan dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, sejumlah Kabupaten/Kota diundang khusus dalam penghargaan ini.

Penghargaan tersebut diantaranya adalah sebagai; Kab/Kota STBM Berkelanjutan, Kab/Kota Terbaik STBM Berkelanjutan katagori Supply Creation,
Kab/Kota Penerapan 5 Pilar STBM pada upaya percepatan implementasi 5 Pilar STBM tahun 2022.

Penyerahan penghargaan diterima langsung oleh Walikota Metro, dr.H.Wahdi,Sp.OG(K),M.H di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pemberian penghargaan pada dilakukan secara hybrid melalui daring maupun luring.

Menurut Walikota Metro dr.H.Wahdi,Sp.OG(K) mengucapkan terima kasih kepada Kemenkes RI, ucapan terima kasihnya juga kepada seluruh elemen masyarakat Metro yang menjadi garda terdepan terhadap terciptanya STBM Award.

Untuk diketahui dalam melaksanakan STBM 5 Pilar di Kota Metro sendiri dengan pola kolaborasi, mulai dari tingkat RT, kemudian sinergi antara pihak swasta melalui forum CSR. Pemerintah Kota Metro juga sudah memiliki Perwali untuk mendukung program STBS.

“Kebijakannya kita lakukan, Kebijakan Pembangunan Sanitasi, Inovasi Program Jama PAI, alokasi anggaran sanitasi, SK Walikota tentang Pokja sanitasi dan Garda sanitasi, dukungan masyarakat, PKK, Dhasawisma, Karang Taruna, tokoh masyakrakat dan tokoh agama,” kata Wahdi.

Menurut Wahdi, pasca Program STBM juga dilakukan inovasi, mulai dari pengelolaan limbah tinja, adanya pengelolaan sampah, adanya Bank Sampah, peningkatan kapasitas masyarakat, peternakan ulat maggot dan lele dan masih banyak lagi.

“Tentunya kata kuncinya adalah pemberdayaan,” pungkasnya. (Rahmat).

Baca Juga:  Nanang Serahkan SK Pengangkatan CPNS Formasi 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed