oleh

Kebiasaan, Viral Dulu Bersihkan Kemudian

Pasca viral dengan unggahan tiktoker @pandwara akhirnya Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana dengan ribuan warga membersihkan sampah yang telah bertahun-tahun menggunung di Pantai Sukaraja, Senin (10/7/2023).

Mengutip dari portal Helo Indonesia Lampung, terlihat Aparat Pemkot dan Polres Bandarlampung juga berjejal memunguti sampah sejak pukul 07.00 WIB. Begitu menyemutnya warga sampai-sampai lima tiktoker pemantiknya tenggelam di tengah ribuan relawan.

Wali Kota Eva Dwiana ikut terjun memunguti sampah bersama seribuan pasukannya. Mereka terjun mendadak setelah viral ajakan lima Tiktoker @Pandawara membersihkan sampah yang menjadikan daerah ini pantai nomor dua terkotor di Indonesia.

Sejumlah elemen masyarakat yang terjun antara lain Laskar Lampung yang langsung dipimpin Nerozely Koenang atau akrab disapa Panglima Nero; Camar Fishing Club Lampung yang juga langsung dipimpin Safwan Ali Cikwan atau akrab disapa Cik Wan.

Selain itu Karang Taruna pimpinan Rahmawati Herdian, putri Wali Kota Eva Dwiana dan Ketua Nasdem Lampung Herman HN. Ramai juga para kepala lingkungan (kaling), rukun tetangga (RT), dan perlindungan masyarakat (linmas) Mobil-mobil truk sampah menampung sampah-sampah yang dipungut warga dan stakeholde. Tampak pula, eskavator berada di lokasi, di Jl. Ikan Selar, Kecamatan Sukaraja, Kota Bandarlampung. Sehari sebelumnya, Kamis sore (9/7/2023), Kapolresta Bandarlampung Lampung Kombes Pol Ino Harianto sudah lebih dulu terjun membersihkan sampah bersama personenya dibantu aparat dan warga Kecamatan Sukaraja.

Sebelumnya, Kota Bandarlampung viral dengan sampahnya akhir pekan kedua Juli 2023. Tiktokers Pandawara yang mengunggah pantai sampah di kota yang wali kotanya bermisi menjadikan kota ini cantik dan punya program gerebek sungai.

Berdiri di atas tumpukan sampah, salah seorang dari lima tim tiktoker @pandwara mengunggah dalam postingannya dengan kalimat menggoda: Lampung, mohon maaf, pantai terkotor di Indonesia ada di daerah kalian.

Baca Juga:  Pemprov Lalai, Ratusan Aset Dikuasai Pihak Lain

Para anak muda itu tak bermaksud menjelekkan wajah Kota Bandarlampung. Mereka malah mengajak semua pihak berkolaborasi membersihkan tumpukan sampah di Jl. Ikan Selar, Kecamatan Sukaraja, Kota Bandarlampung, Senin (10/7/2023), pukul 07.00 WIB.

Satu per satu tim @pandawara mengajak semua pihak bersama-sama “pesta” membersihkan sampah. “Help reduce the waster that is here” tulis videonya.

Mereka anggap juga gerebek sampahnya sebagai party (pesta). Para tiktoker ini mencari 1000 relawan orang Lampung untuk menggarap sampah tersebut. “Warga Lampung lets joint in party,” ujarnya.

Kelima tiktoker itu memilih konsen terhadap lingkungan. “Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang sama. Tempat ini menjadi korban acuhnya kita terhadap lingkungan,” ujar tiktoker terakhir.

Dia menilai perlu kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah Provinsi Lampung untuk menanggulangi masalah ini. Video lalu ditutup dengan pernyataan anak-anak sekitar lokasi yang menginginkan pantainya bersih.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed