oleh

Bupati Bartim Panen Padi Bersama Kelompok Tani Bumi Lestari Desa Tampa

-Daerah-248 views

Analisis.com ( Bartim:) –
Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, panen padi sawah MT Asep, bersama Kelompok tani Bumi Lestari di Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian ( WKPP ) Desa Tampa, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis, ( 14/10/2021 ).

Dalam sambutannya Ampera mengatakàn, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam pembangunan daerah yang mampu meredam gejolak sosial, sekaligus sektor yang sangup bertahan ditengah melemahnya perekonomian, dampak dari pandemi covid 19.

Menurut Ampera, peluang sektor pertanian di Kabupaten Barito Timur sangat besar untuk dikembangkan karena ditunjang dengan sumberdaya alamnya yang memadai yaitu lahan dengan jenis tanah Aluvial yang hampir merata disemua wilayah,yang berarti tingkat kesuburan tanahnya tinggi.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Barito Timur terus konsisten mendukung sektor pertanian agar semakin maju dengan cara, membangun jalan usaha tani, optimalisasi lahan persawahan, bantuan benih dan pupuk, bantuan alsintan, obat – obatan pertanian serta berupaya mengembangkan lahan kering untuk pertanian dan perkebunan,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, upaya mendukung sektor pertanian juga dilakukan oleh pemkab Bartim dengan membentuk koperasi untuk menjaga kestabilan harga sekaligus sebagai wadah untuk menampung hasil pertanian di Kabupaten Barito Timur, yang nantinya akan diproses menjadi beras hasil produk asli daerah kita,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Ampera juga berpesan agar seluruh penyuluh pertanian aktif mendampingi petani, memberikan penyuluhan dan bimbingan, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala petani di lapangan,” pungkasnya.

Giat panen padi bersama di lahan Diselson, anggota kelompok Bumi Lestari, seluas 1 ( satu ) hektare lebih tersebut juga turut dihadiri oleh Camat paku,Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas PUPR,Kepala Desa Tampa, dan juga para penyuluh pertanian dari BPP Kecamatan Paku. ( AS ).

Baca Juga:  Ikuti Lomba Masak Serba Ikan, TP PKK Lamsel Sabet Juara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed