oleh

Sebelas Hasil Kerja Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Wujudkan daerah Tangguh Agamis, Mandiri dan Sejahtera

Tanggamus (Journal) : Kabupaten Tanggamus di hari jadinya yang Ke-23 Bupati Dewi Handajani, SE,.MM sampaikan sebelas torehan hasil pembangunan untuk mewujudkan Tanggamus Tangguh Agamis Mandiri dan Sejahtera. Senin (23/03/20)

Tanggal 21 Maret 2020, tepat 23 Tahun Kabupaten bagi Tanggamus dibentuk, melalui Undang-Undang Nomor 02 Tahun 1997. Sejatinya di usia yang ke 23 tahun ini, telah banyak hasil pembangunan yang dilaksanakan dan dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Demikian halnya saat ini, dibawah kepemimpinan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dan Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi’i, sejak tahun 2018, telah banyak program pembangunan yang dilaksanakan dan keberhasilan yang dicapai. Utamanya dalam pelaksanaan program pembangunan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat, yakni dibidang  Pendidikan, Kesehatan; Infrastruktur; Ketentraman, Ketertiban umum dan Perlindungan masyarakat perumahan dan Pemukiman serta Sosial.

Baik yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, maupun yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Selain itu sejak kepemimpinannya di tahun 2018, terdapat Program 55 Aksi sebagai janji keduanya saat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus. Selanjutnya Program 55 Aksi ini telah diselaraskan dengan Program Pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanggamus, dan telah dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan.

Adapun beberapa bidang pembangunan yang telah berhasil dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus, sampai tahun 2019, diantaranya.

1. Bidang Pendidikan
Dalam rangka merealisasikan misi membangun manusia yang berkualitas, sampai tahun 2019 telah berhasil direhabilitasi hampir seluruh sekolah yang ada.

2.Bidang Kesehatan
Pada bidang ini Pemerintah Kabupaten Tanggamus, senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

Ketiga;  Bidang Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat .
Bidang infrastruktur, tentunya menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Tanggamus.
4. Bidang Ketentraman,
5. Bidang Sosial
6. Bidang Pemerintahan
7. Bidang Keagamaan
8. Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
9. Bidang Pelayanan Publik.
10. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
Kondisi pembangunan manusia di Kabupaten Tanggamus secara umum menunjukkan peningkatan, dan.
11. Pembangunan  Kawasan Industri Tanggamus
Kawasan Industri Tanggamus (KIT).

Masih banyak lagi keberhasilan pembangunan yang dicapai, seperti dibidang pertanian yang secara konsisten telah mampu mempertahankan swasembada pangan di Kabupaten Tanggamus, bahkan surplus padi dengan jumlah panen mencapai 366.244 ton pada tahun 2019. Juga produksi tanaman hortikultura seperti komoditas salak (46.085 ton), alpukat (5.880 ton), pepaya (1.199.160 ton), manggis (17.113 ton), petai (70.872 ton) serta komoditas sayur-sayuran yang juga mendukung perekonomian petani.
Demikian juga terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai salah satu pendongkrak perekonomian masyarakat.

Dengan UMKM yang berkembang, apalagi ditengah kemajuan teknologi informasi saat ini, dimana produk yang dihasilkan dapat dengan mudah dijual melalui internet, telah memberikan peluang bagi terbukanya pasar yang luas, sehingga dapat dipastikan akan meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Tanggamus.
Tentunya kesemua program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus.(publis/Jeni)

News Feed