Covid-19 Way Kanan

Ini Saran Adipati Soal Ibadah Di Bulan Ramadhan

Ini

 

 

 

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari umat muslim di seluruh dunia bersiap  menyambutnya, begitu juga warga Kabupaten Waykanan, Lampung.Namun situasi ramadhan kali ini tentu berbeda dari tahun tahun sebelumnya, sebab kita sedang menghadapi pandemi COVID-19.

Dalam menyambut bulan yang penuh berkah bagi umat islam tersebut, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya ajak umat islam yang ada Di Way Kanan untuk khusyuk beribadah di rumah. Hal tersebut tertuang dalam surat Himbauan yang dikeluarkan oleh Adipati selaku bupati Way Kanan Kanan, pada Rabu (22/4)

Atas pertimbangan yang ada, dengan ini disampaikan himbauan kepada Saudara dan seluruh jajaran serta masyarakat se- Kabupaten Way Kanan sebagai berikut.

Mengajak umat islam mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, membaca Qunut Nazilah, memperbanyak membaca shalawat, memperbanyak sedekah, dan senantiasa berdo’a kepada Alloh SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari wabah Covid-19.

Pelaksanaaan ibadah shalat taraweh selama bulan suci rarmadhan dan shalat Idul Fitri 1441 H 2020 M, sebaiknya dilaksanakan di rumah masing-masing. jika melaksanakan di masjid atau mushola harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah diantaranya (Mencuci tangan

memakai sabun, memakai masker, membawa sajadah dari rumah, menjaga jarak, dan tidak berjabat tangan). Tidak melakukan kegiatan taraweh keliling (Tarling), takbir keliling. pesantren kilat

kecuali melalui media elektronik Online, buka puasa bersama (lfthar Jama’i), sahur on the road, peringatan nuzulul qur’an, dalam bentuk tabligh dengan menghadirkan penceramah, dan massa dalam jumlah besar baik di masjid, mushola, lembaga

pemerintahan maupun lembaga swasta.Silaturahim’ Halal bihalal hari raya ldul Fitri 1441 H 2020 M sebaiknya dilaksanakansecara daring (Online) dengan memanfaatkan berbagai media seperti media sosial, video call’ Tele-Conference.

Umat islam agar membayar zakat mal Zakat harta, infaq, dan shadaqah ( ZAS ),disegerakan pembayarannya sebelum puasa ramadhan 1441 H dan untuk zakat fitrah

dapat dilaksanakan dari awal bulan ramadhan 1441 H yang akan disalurkan untuk meringankan masyarakat ( Mustahik) yang terdampak Covid-19.

Dalam melaksanakan tugasnya, amil zakat harus meminimalkan kontak fisik langsung seperti berjabat tangan, tatap muka ketika penyerahan zakat, dan diupayakan jika memungkinkan melakukan layanan jemput zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) serta zakat fitrah melalui perbankkan, transfer.

Mengajak masyarakat di Way Kanan untuk saat ini agar tetap berada di tempat Daerahnya masing-masing, jangan bepergian keluar daerah ( Mudik ), dan yang dari luar daerah jangan memasuki Way Kanan sampai keadaan normal kembali serta senantiasa memperhatikan intruksi pemerintah pusat dan daerah setempat terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 Agar menyikapi pandemi wabah virus Covid-19 ini dengan serius, tetap tenang, jangan panik namun tetap waspada, dan tidak mudah menerima informasi terkait Covid -19 kecuali dari sumber informasi yang valid dan terpercaya, serta tidak mengirim, mengalihkan berita yang membuat masyarakat resah.(Chaikal)

30 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share this: