oleh

Jalan Provinsi di Pesawaran Tuai Keluhan

Pesawaran -Buruknya kondisi infrastruktur jalan di Provinsi Lampung bukan cerita baru. Hampir setiap tahun pemerintah mengalokasikan anggaran besar untuk perbaikan  infrastruktur jalan.

Namun, sejumlah jalan  yang rusak dan masih harus diperbaiki cukup panjang. Hal ini membuktikan bahwa kondisi jalan provinsi  masih dibawah standar pelayanan minimum.

Sehubungan hal tersebut,  arus lalu lintas penghubung antar  kecamatan di wilayah Kabupaten Pesawaran saat ini terganggu dengan rusaknya jalan provinsi di lima kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Pesawaran.

Jalan berlubang dan jalan yang belum ditambal dan diaspal membuat pengendara kendaraan terpaksa ekstra hati-hati karena rawan kecelakaan tunggal.

Dari pantauan,  di ruas jalan tugu pengantin, mulai dari depan gedung DPRD Pesawaran, Desa Way Layap Kecamatan Gedong Tataan, Ke camatan Way Lima, Kecamatan Kedondong, Kecamatan Way Khilau, hingga Kecamatan Negeri Katon,  lubang-lubang jalan kedalaman 5 cm sampai 15 cm dengan luasan diameter berkisar 30 cm. Jarak antar lubang kerusakan jalan juga tidak berjauhan, membuat arus lalu lintas kendaraan melambat.

Kerusakan jalan penghubung antar kecamatan tersebut dinilai rawan kecelakaan, karena lubang banyak berada ditengah-tengah jalan. Namun, sejak beberapa pekan lubang-lubang jalan yang menganga di badan jalan belum juga diaspal petugas. Dampaknya, jalan raya semakin menyempit dan mengganggu arus lalu lintas, serta rawan kecelakaan bagi pengendara motor.

Menurut pengguna jalan, Agus (40), kerusakan jalan di lima kecamatan sudah terjadi beberapa bulan lalu.Namun, kata dia, belum ada tanda-tanda mau diperbaiki atau ditambal sementara. Kendaraan yang melintas baik mobil, motor, bus, dan truk terganggu karena harus  melambat dan ekstra hati-hati.

“Katanya jalan provinsi, tapi kok banyak lubang. Mestinya jalan penghubung antar kecamatan biar arus kendaraan antar ke camatan, kabupaten bahkan Bandarlampung lancar dan aman,”kata Agus yang sering melintas di jalan Depan DPRD Pesawaran, Rabu (5/1/2020)

Masih kata Agus, jalan dengan kondisi rusak tersebut terjadi sepanjang puluhan km, yakni dari Kecamatan Gedong Tataan, Way Lima, Kedondong Way khilau, hingga Kecamatan Negeri Katon.

” Yang rusak seperti ini dari kantor DPRD Pesawaran lhingga Desa Suka Jaya Way Khilau,”ungkapnya.

Hal senada, juga dikatakan Ujang (48), Supir angkot jurusan kedondong- Bandar Lampung ini mengatakan, kondisi jalan rusak tersebut sudah sangat lama dan menyusahkan pengguna jalan

” Udah lama ini mas, rusak seperti ini, susah apalagi kalo musim hujan sangat berbahaya karena jalanan licin dan lubang tertutup air ” jelasnya.

Ditambahkan salah satu warga sekitar yang letak rumahnya berhadapan dengan jalan rusak parah.

” Jalan ini, jalan provinsi lampung, mustinya sekali-kali Bapak Gubernur lampung meninjau atau melihat secara langsung kerusakan jalan ini ” Pungkas warga tersebut yang engan di sebut namanya,”pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed