oleh

Truck Over Load Bikin Jalan Amblas

-Metro-458 views

Kota Metro – Sebuah truk bertonase besar membuat amblas sisi Jalan Maulana, tepatnya di perempatan Jalan Jendral Sudirman, dekat dengan Charly Karaoke. Sebelumnya terlihat amblas terjadi pada malam hari ketika kendaraan truk itu melintas.

Sejumlah pengendara yang melintas mengabadikan truk yang membuat sisi jalan amblas tersebut. Salah satunya Medi Rohmadi Mei, yang mengabadikan kendaraan tersebut membuat amblas lalu mengabadikannya di jejaring FB. “Truk ambles, lampu merah charly,” tulisnya di FB.

Dari pantauan media ini, Rabu (10/3/2021) di lokasi truk amblas sudah dilakukan penambalan siang hari, tetapi belum diketahui apakah, kekuatan tambalan tersebut standar sesuai dengan aturan dan spesifikasi atau tidak.

Kejadian truk tonase besar lewat jalan lokal juga kerap terjadi di beberapa ruas jalan lokal Kota Metro. Hal serupa diabadikan oleh akun Instagram Seputar Kota Metro, yang menayangkan, keberadaan truk di jalan yang tidak seharusnya.

Diduga pengendara kendaraan bertonase besar tersebut mengabaikan aturan lalu lintas tentang Over Dimensi dan Over Load (ODOL) berdasarkan jenis kelas jalan yang telah diatur oleh pemerintah. Seharusnya pengemudi yang melintas dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Salah satu warga Metro yang merupakan penyedia jasa angkutan mengkritisi hal tersebut, menurutnya sopir truk jelas melanggar aturan dan dapat dipidana.

“Apabila para pengemudi tidak mematuhi dan melanggar aturan tersebut dapat diberikan sanksi sesuai pada UU 22 Tahun 2009 Pasal 301, yakni dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah),” ujar salah satu pengusaha jasa kendaraan angkutan di Kota Metro. (Rahmat/rls).

Baca Juga:  DPRD Kota Metro Gelar Rapat Paripurna Bahas Empat Raperda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed