oleh

Pemkab Pesawaran Segera Berikan Bantuan Zakat Untuk Masyarakat

-Pesawaran-291 views

Pesawaan (analisis.co.id)-Jelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah, Pemerintah (Pemkab) Pesawaran melalui Bupati Pesawaran, H. Dendi Ramadhona bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran berencana akan menyalurkan bantuan zakat terhadap masyarakat Kabupaten Pesawaran yang berhak menerimanya.

Dalam kegiatan sosial tersebut, Bupati Dendi Ramadhona pada hari Senin (19/4/2021) nantinya tanpa ragu akan turun langsung dalam penyaluran bantuan kepada masyarakatnya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Pemkab Pesawaran, Razak saat dikonfirmasi media analisis.co.id melalui telpon genggamnya, Jumat (16/4/2021).

Dikatakan Razak, bahwa di Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan pada kegiatan dibulan suci Ramadhan 1442 Hijrah tahun ini tidak ada kegiatan Safari Ramadhan melainkan kegiatan Silahturrahmi Ramadhan.

“Jadi kegiatan di bulan suci Ramadhan tahun ini tidak ada program kegiatan Safari Ramadhan seperti biasanya,  melainkan kegiatan yang diberimana Silahturahmi Ramadhan, yang mana di dalam kegiatan itu Bupati Dendi Ramadhona akan melakukan kunjungan ke setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran bersama Baznas Pesawaran,”kata Razak.

Masih kata Razak, program-program atau kegiatan seperti  di Bulan Istimewa yang sangat kita tunggu tunggu kehadirannya inilah yang dilakukan oleh Pemkab Pesawaran untuk meringankan beban masyarakat demi kesejahteraan bersama, kebijakan-kebijakan tersebut dibawah Kepemimpinan sosok nomor satu di kabupaten berjuluk “Bumi Andan Jejama” yakni Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona.

“Bentuk bantuan zakat, yang disalurkan nantinya berupa bantuan  beras, bantuan untuk rumah ibadah serta bantuan bedah rumah bagi masyarakat berekonomi rendah yang berhak menerima  dan dibantu serta mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pesawaran,”tutur Razak.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh anak yatim, kaum dhuafa, kaum bedah rumah dan anak berprestasi yang tidak mampu.

Baca Juga:  Bupati Pesawaran Hadiri Pelantikan Perhiptani

“Nantinya kita undang perwakilan dari masing-masing masyarakat yang membutuhkan tersebut dan akan diberikan bantuan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Bupati akan memberikan santunan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan terkait yaitu berupa uang dan sembako.

“Kalau untuk kaum dhuafa lalu anak yatim itu santunan berupa uang, lalu berupa sembako akan diberikan ke kaum dhuafa,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut akan dimulai Senin (19/04/2021) di dua Kecamatan yaitu Punduh Pedada dan Marga Punduh.

“Kunjungan ini kita mulai Senin nanti, dan pelaksanaannya mulai dari pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB, jadi tidak ada buka bersama dan tarawih bersama,” jelasnya.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan tiga kali dalam seminggu masing-masing dua Kecamatan di masjid terpilih dengan kuota sebanyak 60 orang.

“Demi menjaga protokol kesehatan di kunjungan tersebut hanya dibatasi untuk 60 orang, itu sudah termasuk Pemda dan Kades,” timpalnya.

Kemudian, Ia menambahkan, bantuan yang sudah di lakukan secara simbolis oleh Bupati nanti seluruh bantuannya akan dititipkan kepada Kades atau tokoh msyarakat setempat guna diberikan kepada masyarakat yang tidak hadir.

“Nantinya juga masjid yang kita pilih untuk melaksanakan kunjungan akan diberi anggaran sebanyak Rp 10 juta untuk rehabilitasi dan diserahkan ke pengurus masjid setempat,” jelasnya.

“Kegiatan tersebut tetap memprioritaskan protokol kesehatan dengan tidak berkerumun, memakai masker serta menjaga jarak seperti surat edaran yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Menurutnya tahun ini lebih baik dibandingkan tahun 2020 karena masih maraknya Covid-19 sehingga tidak ada kegiatan apapun di Bulan Suci Ramadan.

“Sekarang sudah mending karena masih ada kegiatan seperti ini, tahun kemarin sama sekali tidak ada yang dilakukan selama Bulan Suci Ramadhan,” pungkasnya.( zainal/nardi)

Baca Juga:  Polres Pesawaran Gelar Acara Syukuran Hari Bhayangkara ke -76

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed