oleh

Wagub Kunjungi UMKM Jawa Tengah

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim melakukan kunjungan pembelajaran terkait Digitalisasi UMKM sebagai solusi penanggulangan Kemiskinan Ke Provinsi Jawa Tengah, Pada Jumat (29/7/2022).

Dalam kunjungan tersebut Wakil Gubernur Lampung Chuanunia diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama jajarannya.

Kunjungan pembelajarann tersebut juga dalam rangka mengoptimalkan Program Pengembangan Ekonomi Kreatif, UMKM & Koperasi serta mendorong peningkatan pendapatan masyarakat miskin sebagai salah satu strategi penurunan angka kemiskinan di Provinsi Lampung.

“Kami terimakasih bapak Gubernur sudah berkenan berbagi tipsnya mengatasi kemiskinan di Jawa Tengah,” kata Wagub dalam pertemuannya di Ruang rapat lantai dua, kantor Pemprov Jateng, Jumat (29/7).

Di kesempatan itu, Wagub Chusnuia bertanya kiat-kiat Jawa Tengah dalam menggeliatkan UMKM seperti mampu menggandeng marketplace besar dan membuat UMKM lebih mandiri serta kreatif.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memaparkan berbagai upaya Pemprov Jawa Tengah dalam memajukan UMKM-nya. Salah satunya melibatkan berbagai macam pendanaan, mulai dari Baznas, CSR Perusahaan, hingga Filantropi. Ganjar juga menjelaskan bagaimana memahamkan masyarakat pada ekonomi digital.

“Kami sengaja belajar dari best practice di Jawa Tengah karena di Indonesia atau nasional yermasuk terbaik,” kata Nunik usai pertemuan.

Sementara Wagub Chusbuia menjelaskan, Provinsi Lampung saat ini kemiskinannya masih di angka 11 persen. Jateng, kata Nunik, dinilainya sukses memberdayakan UMKM sebagai cara untuk menekan kemiskinan.

“Kita perlu langkah-langkah yang daya ungkitnya berkali lipat salah satunya adalah menjawab tantangan di dunia marketing,” ujarnya.

Beberapa cara yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah menginspirasi seperti afirmasi APBD yang menurutnya berperan penting menjadi penyangga. Selain itu menyediakan aplikasi sebagai wadah ekosistem UMKM itu sendiri.

Baca Juga:  Peringati Hari Bakti PUPR ke-77, Gubernur Arinal Djunaidi Lakukan Penanaman Pohon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed