oleh

Tak Ada Keterwakilan Perempuan, Seleksi Bawaslu Sarat Titipan?

-politik-156 views

Bandar Lampung – Tidak adanya keterwakilan perempuan dari hasil seleksi Timsel Bawaslu Lampung dinilai sangat kontradiktif dengan semangat Pemprov Lampung yang tengah menargetkan indeks Pemberdayaan Gender.Bahkan tidak adanya keterwakilan gender dalam hasil tersebut memicu asumsi negative public jika kuat dugaan adanya titipan dan sarat kepentingan dalam proses seleksi.

“Dengan menempatkan 30  persen  juga  para  penyelenggara  pemilu sampai  tataran tingkat bawah dan sesuai pasal  10  dan pasal  92 UU Pemilu  Tahun 2017  kan sudah mengamanatkan kok  diabaikan, ” tegas Legislator PDI Perjuangan, Aprilliati, Rabu (03/08) 

Untuk itu, kata dia, upaya  untuk  mencapai  keterwakilan perempuan  minimal  30  Persen  di  Pemilu  legislatif  2024 menurutnya  belum  satu tarikan nafas dengan Tim Seleksi (Timsel) . 

“Rasa Sense of belonging semangat  yang sama untuk Pengarus utamaan Gender belum satu  tarikan nafas. Kita  baru  mengesahkan Perda  PUG , ” ucapnya 

Selain itu, sambung Politisi PDIP ini, Lampung sendiri juga telah mengupayakan atau menargetkan Indeks pemberdayaan Gender. 

“Menyedihkan, memalukan untuk Lampung yang sudah mentargetkan Indeks Pemberdayaan Gender , ” katanya 

Ia menambahkan, jika UU itu di buat  untuk Keadilan  kepastian hukum dan kemanfaatan.  Dalam salah satu  pasalnya  memuat  perintah  atau  amanat. 

“Ya  tidak  sejalan dengan UU Parpol dan PKPU yang  imperatif  mewajibkan 30 persen  keterwakilan perempuan dan amanat undang undang hanya memperhatikan, bukan mengharuskan , manakala itu  tidak  dilaksanakan  apa  namanya ? , ” tandasnya.

Diketahui, Tim Seleksi (Timsel) telah mengumumkan enam Calon Anggota Bawaslu Provinsi Lampung yang telah dinyatakan lolos tes kesehatan dan wawancara, Selasa (2/8).

Seluruhnya adalah laki-laki, tidak ada keterwakilan perempuan dalam komposisi Anggota Bawaslu Lampung Periode 2022-2027.

Di antaranya, Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar, dan Staf Bawaslu Lampung yang juga adik Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Hamid Badrul Munir. 

Baca Juga:  Jangan Ngaku Anak Muda Kalau Belum Daftar Gerindra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed