oleh

Forum Dekan Ushuluddin Se-Indonesia Gelar Pra Rakernas

-Metro-177 views

Yogyakarta– Forum Dekan Ushuluddin Se- Indonesia menggelar Pra Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di ruang FUSHPI, Yogyakarta, pada kamis (02/02/2023)

 

Menurut Dr. Aguswan Khotibul Umam, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Metro mengatakan

bahwa Forum Dekan Fakultas Ushuluddin se-indonesia yang merupakan sebuah forum silaturahmi yang membicarakan tentang peningkatan berbagai kegiatan pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat antar fakultas Ushuluddin se-indonesia.

 

“Rapat Pra Rakernas diikuti 27 dekan dari berbagai Fakultas Ushuluddin se-Indonesia. Pertemuan ini membahas tentang perkembangan fakultasnya di masing-masing Perguruan tinggi,” ucapnya.

 

Sementara itu, Ketua Fordek Yusuf Rahman, MA., Ph.D mengungkapkan berbagai hal dan telah menyepakati dengan dekan-dekan fakultas Ushuluddin untuk meningkatkan implementasi kerjasama antar fakultas.

 

Dikesempatan yang sama, Prof. Ris’an Rusli, selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam yang juga merangkap sebagai Penasehat Fordek, mengungkapkan berbagai hal positif dan bernilai tinggi bagi kegiatan- kegiatan kolaborasi antar sesama fakultas yang melibatkan dosen mahasiswa dan civitas akademika fakultas.

 

“Kolaborasi menjadi urgent dan penting dalam sebuah lembaga untuk pengembangan dan peningkatan status akreditasi program studi yang ada di berbagai fakultas,” ungkapnya.

 

Hal senada juga diungkapkan Ketua Forum Dekan yang diketuai oleh Dr. Lukman Hakim, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Mataram.

 

Ia mengungkapkan bahwa, pertemuan Fordek ini telah direstui dan disetujui oleh Rektor UIN Mataram sehingga dilakukan berbagai sounding ke berbagai lembaga dan pejabat untuk pelaksanaan Rakernas di UIN Mataram.

Pada saat yang sama juga dilaksanakan penandatanganan MOA antara beberapa fakultas.

 

Memorandum of Agreement ini sebagai landasan hukum bagi beberapa fakultas dalam pelaksanaan kegiatan kerjasama dan kolaborasi.

Baca Juga:  Muli-Mekhanai Metro Tahun 2022, Diminta Paham Tentang Kota Metro, Ini Pesan Ketua DPRD

 

Berikut beberapa keputusan dan kesepakatan rekomendasi yang diambil oleh dekan-dekan untuk bisa dilaksanakan di berbagai fakultas dalam pertemuan Pra Rakernas Fordek:

 

1. Kegiatan kolaborasi antar fakultas Ushuluddin agar lebih ditingkatkan, seperti kolaborasi peaksanaan Seminar Nasional atau Internasional, Kelas Menulis, kompetisi akademik dan non akademik mahasiswa FU tingkat nasional. Untuk yang terakhir, sudah dibuat kelompok pelaksana kompetisi antar mahasiswa FU.

 

2. Mengharapkan kontribusi iuran dari masing2 fakultas Ushuluddin yang penggunaannya di antaranya untuk biaya konsumsi dan pelaksanaan pertemuan fordek pra raker dan kontribusi kegiatan fordek lainnya.

 

3. Pelaksanaan Rakernas Fordek Ushuluddin tahun 2023, insya Allah dilaksanakan di Mataram pada bulan Mei (setelah Idul Fitri), dengan agenda Seminar Internasional dan Kunjungan religi dan budaya ke berbagai tempat, dan pemilihan Ketua Fordek periode 2023-2025.

 

Kegiatan direncanakan selama 4 hari. Ada usulan salah satu agenda Akselerasi Guru Besar Dekan FU, dengan mengundang narasumber Reviewer Penilai Karya Ilmiah.

Dekan yang hadir juga menyepakati ada 3 cluster untuk kegiatan lomba akademik dan non akademik mahasiswa dan dosen secara nasional yang dilakukan oleh Cluster tersebut yang di dalamnya ada bergabung 7 atau 8 fakultas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed