oleh

Akibat Cuaca , Harga Kentang Naik 15 Persen

-Metro-652 views

Kota Metro–Harga komoditas kentang di Pasar Tradisional Kopindo, Kota Metro Provinsi Lampung mengalami kenaikan hingga 15 persen sejak awal bulan Februari tahun 2023, pada Senin (13/02/2023).

Menurut Lutfi salah satu pedagang sayuran di Pasar Tradisional Kota Metro mengatakan dari awal bulan Februari 2023 harga kentang mengalami kenaikan.

“Harga sayuran kentang mengalami kenaikan mulai sejak awal bulan februari 2023, naik dari harga sebelumnya Rp 14.000 ribu/ perkilo gram kini naik menjadi Rp 16.000 ribu per/kilogram, untuk di setiap warung harganya juga pasti beda-beda mas,” ungkapnya.

Lutfi mengungkapkan, faktor penyebab kenaikan harga komoditas kentang. Hal ini terjadi akibat faktor cuaca hujan dan pasokan yang datang menjadi minim.

“Salah satu faktornya karena musim hujan, soalnya kentang mudah busuk. Jadi, kenaikan harga kentang juga bisa dari petani karena jumlah pasokan kentangnya yang datang berkurang,” tandasnya.

Sementara itu pedagang lainnya, di Pasar Tradisional Kota Metro, Upi mengaku dagangannya mengalami kenaikan terutama kentang, namun tak mempengaruhi peminat para konsumen.

“Adanya kenaikan harga kentang ini pembeli tetap sama jumlah pendapatan, Karena kan sekarang sudah mau mendekati bulan puasa dan juga banyak orang hajatan juga yang minat sama kentang. Kalo pun harganya ada kenaikan tapi tidak mempengaruhi peminat pembeli kentang,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pedagang pasar tradisional di Pasar Kopindo Kota Metro menyebut harga sejumlah barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan sepekan terakhir.

Eri salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kopindo Metro mengatakan salah satu komoditi sayuran yang mengalami kenaikan seperti Cabai Merah.

“Harga cabai merah, naik 10 persen dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu untuk satu kilogram (Kg) nya,” ucap Eri kepada awak media Rabu, (09/02/ 2023).

Baca Juga:  Taman Ki Hajar Dewantara Ancam Keselamatan Warga

Eri mengatakan, Kenaikan tak hanya cabai merah saja, kenaikan juga dialami bawang merah dan bawang putih.

“Untuk harga bawang merah memang naik Rp 41 ribu per kilonya, biasanya harganya Rp 35 ribu per kilo. Sedangkan untuk bawang putih Rp 23 ribu kini naik menjadi 29 ribu perkilonya,” ungkapnya. (Des/Fajar).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed