oleh

Pemkot Metro Ikuti Penilaian Tahap III PPD Tahun 2023

-Daerah, Metro-356 views

Kota Metro– Pemerintah Kota Metro tengah mengikuti penilaian tahap ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional Tahun 2023 dengan dikunjungi oleh Tim Penilai Utama dan Penilai Independen.

Kedatangan tim verifikasi disambut secara langsung oleh Walikota Metro Wahdi Sirajuddin dan Wakil Walikota Qomaru beserta jajaran OPD se- Kota Metro di aula Pemkot setempat, Rabu (05/04/2023).

Pemerintah Kota Metro memaparkan sejumlah program unggul yang dimiliki dalam mengikuti ajang bergensi tahunan yang digelar oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Walikota Metro Wahdi Sirajuddin mengucapkan rasa syukur telah lolos verifikasi mulai dari tahap I dan tahap II. Sehingga tim verifikator pada hari ini dapat hadir di Bumi Sai Wawai untuk melakukan penilai tahap III ini.

“Pemerintah Kota Metro bersyukur bahwa pada hari ini kedatangan dari tim verifikator yang dilakukan oleh Tim Penilai Utama (TPU) dan Tim Penilai Independen (TPI) untuk melakukan survei kelapangan tahap III,” ungkap Wahdi.

“Kemudian kita berupaya membangun Kota Metro ini dengan sebaik-baiknya mulai dari proses Perencanaan, Penganggaran dan Implementasi di lapangan tentunya dalam beberapa aspek dibidang sektor,” sambungnya.

Walikota Metro Wahdi menyampaikan bahwa, tentunya semua hal itu tidak terlepas dari sinergitas dan kolaborasi bersama antara Pembangunan di daerah sampai dengan Pusat.

“Sinergitas bersama sangat dibutuhkan dalam kolaborasi untuk menyelaraskan program pembangunan baik di tingkat Daerah, Provinsi sampai dengan Pusat. Sehingga apa yang telah direncanakan pada program Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional,” ujar Wahdi.

Wahdi menambahkan, Pemerintah Kota Metro sangat optimis dalam mengikuti
penilaian tahap ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional Tahun 2023.

Baca Juga:  Ini Raja Tega Penonaktifan Ratusan Ribu BPJS Warga Lamtim

“Intinya kita memiliki keinginan untuk mendapatkan yang nomor satu tetapi ini adalah merupakan proses untuk belajar. Akan tetapi, kita harus tetap optimis dan menghasilkan kinerja-kinerja yang baik,” pungkas Wahdi

Dikesempatan yang sama, Agustin Arry Yanna, Direktur Pemantauan, Evaluasi, dan  Pengendalian Pembangunan Daerah Bappenas menjelaskan bahwa
ada tiga tahap yang dilaksanakan dalam penilaian PPD. Yakni tahap penilaian dokumen RAPD dan inovasi, tahap presentasi dan wawancara, serta tahap verifikasi

“Kota metro termasuk salah satu 10 kota yang lolos sampai pada tahap III yaitu tahap dilakukan verifikasi dan kunjungan lapangan oleh Tim Penilai Utama (TPU) dan Tim Penilai Independen (TPI),” ucap Agustin.

Lebih lanjut Agustin menyampaikan bahwa, sebelumnya kota metro telah melewati dua tahap yaitu tahap I dan tahap II.

“Untuk tahap I yakni review dokumen perencanaan RKPD. Sedangkan, untuk
tahap II indeks interview daerah dengan memaparkan kemajuan-kemajuan didaerahnya. Dan untuk tahap III tim verifikasi melakukan kunjungan ke lapangan berdasarkan bukti- bukti yang telah diberikan oleh Pemkot Metro,” pungkasnya. (Rahmat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed