oleh

DRB Minta Walikota Normalisasi Sungai

-DPRD-165 views

Lampung – Ketua Forum Relawan Bencana Lampung Deni Ribowo meminta Walikota Bandarlampung melakukan normalisasi sungai dengan cara pengerukan lumpur dari hulu Hingga ke hilir.

Deni mengatakan, Bahwa pihaknya prihatin atas musibah banjir yang melanda beberapa daerah di provinsi Lampung. Dengan meluapnya air sungai ke pemukiman penduduk yang ada di Bandar Lampung.

“Kami dari relawan bencana Lampung sejak awal sudah memberikan masukan secara lisan kepada beberapa kepala daerah termasuk pada walikota Bandar Lampung, agar ada normalisasi sungai dengan cara pengerukan lumpur sepanjang aliran sungai dari hulu Hingga ke hilir,” kata Deni kepada media ini. Minggu (25/02).

Menurutnya, pengerukan lumpur ini dilakukan berdasarkan asesmen susur sungai sehingga tepat dalam penanganan normalisasi sungai. Selain karena debit air yang cukup tinggi hujan deras yang turun di sejumlah daerah, adanya pengurangan resapan air di sejumlah titik banjir yang juga menyebabkan faktor meluapnya sungai.

“Derasnya debit air hujan Kemarin menyebabkan meluapnya sungai di beberapa titik di Bandar Lampung. Ada beberapa informasi di salah satu rumah sakit swasta di Bandar Lampung banyak kendaraan yang tenggelam di parkiran akibat luapan sungai,” ucapnya.

Padahal, sepanjang sungai yang melintasi rumah sakit tersebut sudah diperluas dan di perdalam namun Di hulu dan hilir sungai tersebut mengalami pendangkalan dan penyempitan. “Nah inilah dampak dari pendangkalan dan penyempitan badan sungai,” urainya

Untuk itu, kata Deni, kejadian ini terjadi bukan hanya di Bandarlampung, Namun di beberapa kabupaten lain juga mengalami hal serupa , sehingga pemerintah daerah harus melakukan asesmen penanganan melalui susur sungai.

“Dengan melakukan susur sungai kita mengetahui titik titik rawan penyempitan dan pendangkalan aliran sungai, sehingga kita bisa melakukan penanganan berdasarkan data asesmen. Hal tersebut bisa dilakukan pemerintah daerah kota Bandar Lampung khususnya karena yang terdampak langsung ke rumah warga dan fasilitas umum, sehingga kita bisa mengurangi resiko terdampak bencana banjir,” ungkapnya

Baca Juga:  Gelar Sosperda, Syarif Bahas UMKM

Selain itu, sambung dia, Persoalan ini juga bukan hanya menjadi urusan pemerintah, namun yang paling penting adalah tanggung jawab bersama sebagai masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya banjir.

“Misal dengan cara tidak membuang sampah di sungai atau jika menemukan Sampah di sungai di lingkungan kita sesegera mungkin untuk dibersihkan,” pungkasnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed