oleh

Pj.Bupati Pringsewu Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96

PRINGSEWU – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 di Kabupaten Pringsewu, Lampung, digelar di lapangan pemda setempat, Senin (28/10/2024) dengan pembina upacara Penjabat (Pj.) Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan.

Upacara yang mengangkat tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’ ini dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Kapolres Pringsewu AKBP M.Yunus Saputra, Kajari Pringsewu Raden Wisnu Bagus Wicaksono, Pabung Kodim 0424/TGM Kapten Inf. P.Rahmat H., Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah, pelajar dan mahasiswa serta elemen kepemudaan di Kabupaten Pringsewu.

Menyampaikan amanat Meteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan mengatakan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberi perhatian lebih besar kepada agenda agenda pengembangan kepemudaan, sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek maupun objek pembangunan.

“Sebagai subjek pembangunan, sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor pembangunan nasional, bahkan pada agenda Sustainable Development Goals Perserikatan Bangsa-bangsa yang merupakan agenda global,” katanya.

Pada sebagian lain, kata dia, pemuda Indonesia masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan dan kewirauasahaan.

Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan.

“Hasil pencapaian hal ini dapat ditemu-kenali dari capaian Indeks Pembangunan Pemuda atau IPP, dimana indikator kualitas kepemudaan pada 2024, Indeks Pembangunan Pemuda berada pada 56,33 persen, dengan rincian capaian domain pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan 65,00 persen, serta domain gender dan diskriminasi 53,33 persen,” bebernya.

Baca Juga:  Tolak Vaksin Terancam Sanksi,Ini kata Dewan

Sedangkan untuk domain lapangan dan kesempatan kerja adalah sebesar 45,00 persen, serta domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33 persen. Capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya pengembangan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran dan masif di seluruh wilayah Indonesia.

“Seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media harus bergerak secara sinergis, terpadu dan holistik, sehingga terbangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang inovatif, yang mendukung bertumbuh-kembangnya kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing,” ujarnya.

Menpora juga mengajak seluruh pihak untuk bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai kompetensi dan passion masing-masing. Serta memperbaiki kepedulian kita kepada pemuda Indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumberdaya hingga kondisi kepemudaan Indonesia menjadi lebih baik, yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda.

Pada kesempatan tersebut, sebelum upacara dimulai juga ditampilkan pergelaran seni dan tarian nusantara oleh para pelajar Kabupaten Pringsewu. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed