oleh

Paska Idul Fitri Pasar Metro Sepi

-Daerah-765 views

Kota Metro– Pasca lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, aktivitas daya beli masyarakat di Pasar Metro mengalami penurunan.

Berdasarkan pantauan Analisis.co.id, Senin (09/05/2022) sekira pukul 14.00 Wib di Pasar Shopping Center, Pasar Cendrawasih dan Pertokoan Mega Mall tampak terlihat sepi pembeli.

Menurut salah satu pedagang Mudhori (63) tahun mengatakan pasca lebaran suasana pasar masih belum normal. Hal itu disebabkan masih banyak pedagang yang belum berjualan kembali.

“Ya, habis lebaran suasana pembeli berkurang. Hal itu juga dikarenakan masih banyak pedagang yang sedang libur,” ucap Mudhori pedagang kopiah di Pasar Shopping Center kepada wartawan, Senin (09/05/2022).

Menurut dia, kondisi puluhan pedagang toko yang masih tutup sedang berlibur mudik. Dan akan kembali normal dua minggu kedepan.

“Saat ini banyak pedagang yang masih pada libur mudik pulang kampung. Kemungkinan kondisi normal dua minggu kedepan, toko sudah mulai buka kembali semuanya,” ujarnya.

Mudhori (63) tahun pedagang kopiah mengaku daya beli masyarakat pasca lebaran tahun ini terbilang sepi. Meskipun, H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah kemarin tampak ramai pembeli.

“Alhamdulillah, masih terbilang lumayan pembelinya meski berbeda dari H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah kemarin. Untuk omset hari ini pasca lebaran hari ke +8 pemasukan mencapai sekitar Rp 500 ribu. Sedangkan, kemarin H-1 Jelang lebaran mendapatkan omset Rp 5 Juta-an,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama Haryanto Putra Lasai (41) tahun pedagang aksesoris menceritakan, sejak membuka kios pada H+2 lebaran, omset yang diterimanya jauh dari biasanya.

“Saya dagang disini sudah 25 tahun, dan tahun ini yang kerasa banget sepinya dagang habis lebaran. Awal buka saat lebaran kedua kemarin pemasukan kami hanya Rp 70 Ribu, sedangkan biasanya minimal dapat Rp 600 sampai Rp 700 Ribu per hari,” keluhnya.

Baca Juga:  Motor Mogok dan Ditinggal di Warung Bakso Suryowijayan, Ditemukan di Nagan

Ia menilai, menurunnya omset pedagang diduga akibat sepinya aktivitas jual beli di pasar. Ia bahkan mengungkapkan bahwa hingga H+8 kondisi pasar masih sepi.

“Saya mulai buka pada lebaran kedua, dan memang dibandingkan tahun sebelumnya ada penurunan drastis terkait dengan daya beli masyarakat pasca lebaran. Kemarin, pas dua kali Lebaran kena Covid-19 Alhamdulillah dagangan laris, tapi sekarang setelah orang-orang pada boleh mudik justru jual aksesoris menurun. Sekarang ini H+8 kondisi di pasar memang masih sepi,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Yanto itu memprediksi, aktivitas jual beli di pasar akan kembali normal sepekan mendatang.

“Biasanya seminggu lebaran itu sudah mulai ramai, tapi memang saat ini ada penurunan. Perkiraan kita semingguan lagi baru normal, ya mudah-mudahan daya beli masyarakat cepat normal lagi seperti biasanya,” tandasnya. (Rahmat).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed