oleh

Pj. Gubernur Samsudin Ajak Jajaran BPN Lampung Wujudkan Indonesia Emas 2045

-Pemprov-13 views

Pj. Gubernur Lampung Samsudin mengajak jajaran Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Lampung melanjutkan kerja, karya, dan pengabdian untuk masyarakat, bangsa dan negara, mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hal itu disampaikan Pj. Gubernur Samsudin saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2024 “Semangat Hantaru, Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045” di Halaman Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN Provinsi Lampung, Bandarlampung, Selasa (24/9/2024).

Samsudin mengatakan Kementerian ATR/BPN memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, kepastian hukum hak atas tanah menjadi nilai penting dalam memberikan landasan bagi masyarakat.

“Bahwa tanah yang mereka kuasai, mendapatkan pengakuan secara legal dari negara. Implementasinya, kita wujudkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” ujar Samsudin saat membaca sambutan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Upacara Hantaru Tahun 2024 di Provinsi Lampung diawali dengan pembacaan sejarah terbentuknya Kementerian ATR/BPN.

Samsudin menjelaskan Kementerian ATR/BPN mampu melakukan akselerasi pendaftaran tanah, dari yang semula capaian berjumlah 46 juta bidang tanah terdaftar pada tahun 2017, menjadi 117,9 juta bidang tanah terdaftar hingga bulan September 2024.

“Atau naik 250% dalam 7 tahun terakhir. Ini pencapaian yang sangat luar biasa dan patut dibanggakan,” katanya.

Samsudin menuturkan selain fokus pada bidang agraria, tata ruang yang efektif menjadi kunci untuk menciptakan kemudahan investasi di suatu daerah.

“Tentunya, melalui perencanaan yang terintegrasi, kemudahan perizinan, kepastian hukum, serta dengan memperhatikan aspek keberlanjutan dan dampak lingkungan, tata ruang memegang peranan penting sebagai pintu masuk terbaik bagi investasi,” katanya.

Samsudin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi segenap jajaran Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga:  Pj. Gubernur Samsudin Hadiri Pelantikan Pengurus Komite Olahraga

“Sehingga membuahkan hasil dan mendapatkan apresiasi serta penghargaan dari berbagai pihak,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur Samsudin didampingi Kakanwil BPN Provinsi Lampung Kalvyn Andar Sembiring menyematkan Satyalancana Karya Satya, penyerahan SK Purna Bakti serta adanya penyerahan sertifikat hak atas tanah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed