oleh

Selain Disinfeksi, Pemdes Pematang Bagikan 3000 Masker

 

KALIANDA – Langkah pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pematang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel).

Setelah dilakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, kali ini Pemdes Pematang juga melakukan pembagian masker ke seluruh warga setempat, Rabu (15/4/2020).

Kepala Desa (Kades) Pematang, Edy Hamzah mengatakan, pihaknya membagikan sekitar 3.000 masker kepada warganya, sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kami mewajibkan kepada seluruh warga untuk selalu menggunakan masker setiap keluar dari rumah. Sebab, kita tidak tahu dari mana dan dari siapa penyebaran virus dapat terjadi. Untuk itu, sangat perlu dilakukan pencegahan,” ungkapnya kepada wartawan usai mendistribusikan masker ke tiap rumah warga.

Edy juga mengatakan, selain membagikan masker pihaknya juga tak henti-henti memberikan sosialisasi pencegahan kepada warganya.

“Yaitu untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Minimal, dengan selalu melakukan cuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Apalagi, jika warga keluar dari rumah. Meskipun hanya sekedar belanja ke toko, sepulangnya harus mencuci tangan dengan sabun antiseptik,” lanjutnya.

Ia mengimbau, warga Desa Pematang wajib menerapkan langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Terlebih, jika ada warga yang pulang dari luar daerah, harus dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Tak terkecuali jika mereka pulang dari luar daerah dengan membawa kendaraan, maka kendaraannya harus disemprot dengan disinfektan. Agar, kita dapat memutus penyebaran virus corona ke Desa Pematang,” ketusnya.

Disisi anggaran, Desa Pematang melakukan perubahan ABDes. Yakni dengan melihat skala prioritas kegiatan, untuk dialokasikan ke anggaran penanggulangan Covid-19.

“Anggarannya murni kita alokasikan dari Dana Desa (DD, red). Yakni mengambil dari kegiatan yang kiranya tidak mendesak. Dari infrastruktur maupun kegiatan pemberdayaan yang tidak mendesak,” tukasnya.

Baca Juga:  Satu Pasien Positif Covid-19 dirawat RS Demang Sepulau Raya

Diketahui, Desa Pematang memiliki sekitar 3.000 jumlah penduduk, yang terdiri dari 6 dusun dan 12 Rukun Tetangga (RT). (jep)

News Feed