oleh

Inspektorat Gelar BINWAS di Desa Sumber Tani Abung Pekurun

-Daerah-288 views

.

Lampung utara – Tim Inspektorat Lampung utara, di pimpin Inspektorat pembantu (Irban I) Patoni. SE. MM, melakukan pembinaan pengawasan (Binwas) Administrasi dan Kegiatan Fisik peningkatan sarana Infrastruktur yang bersumber dari Anggaran Dana desa (DD) tahun 2020 pada Pemerintahan Desa (Pemdes) Sumber Tani Kecamatan Abung pekurun Kabupaten Lampung utara, selasa (16/02/2021).

Dalam Giat Pembinaan dan pengawasan (Binwas), Tim Irban I, Patoni.SE.MM, disambut langsung oleh Kepala Desa (Kades) Sumber tani, Kusnadi bersama Sekretaris desa (Sekdes), Samsoni didampingi para Kasie dan Staff Pemerintahan Desa Sumber Tani.

Pada Monitoring pembinaan Pengawasan dan Evaluasi kegiatan, Tim melakukan pemeriksaan Tertib Administrasi dan Pengelolaan pemanfaatan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020, yang di alokasikan bagi Penanggulangan Dampak Covid 19 serta pada Kegiatan Fisik peningkatan sarana Infrastruktur.

Dalam penyampaianya, usai melakukan pemeriksaan pada sarana Fisik pembangunan Infrastruktur di Desa Sumber Tani, Patoni.SE.MM, selaku Inspektur pembantu (Irban I), menjelaskanya pada Analisis,” Pada hari ini, Kami dari Inspektorat Kabupaten Lampung utara, melakukan Pembinaan pengawasan dalam Tertib Administrasi serta Sarana Fisik yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) di Desa Ogan Campang, Desa Sinar Gunung dan berakhir di Desa Sumber Tani,” Jelas Irban I, Patoni.SE.MM.

Pada sarannya kepada Pemerintahan Desa Sumber Tani dan warga masyarakat, Patoni.SE.MM juga memberikan Himbauanya,” Kami bersama pemerintahan Desa, telah melakukan Cek Fisik Kegiatan Rabat Beton,” Allhamdulillah terlaksana dengan baik, meskipun masih ada Hal kecil, yang perlu pembenahan,” Pesan kami, Pemerintah daerah, dalam Hal ini Inspektorat Kabupaten Lampung utara, kepada Pemerintahan Desa Sumber Tani,” Agar setiap pekerjaan, selalu memberdayakan warga masyarakat, yang kedua,” Agar Hasil-hasil pembangunan yang Dananya bersumber dari Dana desa, dapat di pelihara dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat, sehingga bangunan dapat berusia lebih lama,” pesanya.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 16/Srumbung Patroli Cegah Penyebaran Covid-19

Penjelasan serupa, juga disampaikan Sekretaris Desa, Samsoni, mewakili Kepala Desa, Kusnadi,” Pada pengelolaan dan pemanfaatan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020, perencanaanya diawali dengan Musyawarah Dusun, hingga tingkat Musyawarah Desa (Musdes) yang melibatkan Tokoh Agama, Tokoh Adat, Masyarakat dan pemuda, dengan harapan, dapat Mengakomodir Prioritas Keinginan dari warga masyarakat. Pada tahun ini,” Kita tetap Memperioritaskan penanganan Dampak wabah Covid 19 bagi warga masyarakat, melalui penyaluran Bantuan Langsung Tunai (Blt) kepada 151 keluarga penerima manfaat (Kpm) di Sembilan Dusun,” papar Sekdes.

Selanjutnya, Berbagai upaya penanggulangan Covid 19, juga terus kita lakukan dalam memutus matarantai penyebaranya, melalui penyemprotan Disenfektan pada sarana Fasilitas umum, Kantor Desa, sarana Ibadah serta pemukiman, yang kita lanjutkan dengan memberikan Sarana Pencuci tangan berupa Galon pada rumah warga dan Pemberian Alat pelindung diri (Apd) berupa Masker, yang kita laksanakan secara berkala,” terangnya.

Hal senada, juga di tambahkan Kepala Desa (Kades), Kusnadi, dalam penjelasanya,” Untuk kegiatan Fisik, kita laksanakan sesuai Aspirasi dan keinginan warga masyarakat sesuai hasil Musyawarah bersama, kita juga telah melaksanakan peningkatan pembangunan sarana Jalan Rabat Beton dengan Volume 556 meter yang menghubungkan antara Dusun,” jelas Kusnadi.

Sambung Kusnadi lagi, dalam upaya memutus matarantai penyebaran wabah Covid 19,” Saya berharap kepada seluruh warga masyarat Desa Sumber tani, agar dapat menjaga Kesehatan dan kebersihan Lingkungan dengan tetap mematuhi Himbauan Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan Oleh pemerintah,” himbau Kades.

” Saya juga sangat berharap, kepada warga masyarakat, untuk dapat merawat dan menjaga seluruh hasil Pembangunan yang telah kita capai bersama,” agar dapat kita rasakan manfaatnya,” pungkas Kusnadi.(Her/ore)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed