oleh

70 Warganya Positif Covid-19, Satu Padukuhan di Bantul Terpaksa Dilockdown

-Daerah-436 views

Bantul, Analisis.co.id – Pedukuhan Ngunan-Ngunan, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul masuk zona merah. Sebanyak 70 orang warganya positif Covid-19 setelah sempat membantu hajatan warga. 
 
“Hasil tes swab PCR sudah keluar, dari 95 orang 70 di antaranya positif Covid-19,” kata Lurah Srigading, Prabawa Suganda, Rabu (30/6/21). 

Kasus ini berawal saat ada warga yang akan melaksanakan hajatan. Saat itu ada salah satu warga yang bergejala Covid-19 ikut membantu persiapan hajatan. Dia banyak melakukan kontak erat dengan warga yang lain. Lantaran merasa tidak nyaman, dia periksa dan dinyatakan positif Covid-19. 

Dinas Kesehatan telah melakukan penelusuran kepada warga yang melakukan kontak erat. Setidaknya ada 95 yang akhirnya menjalani tes swab. Saat ini masih ada 20 warga lainnya yang akan menjalani tes PCR karena juga sempat melakukan kontak erat.  

“Semuanya kaget karena yang tertular sebanyak itu,” katanya.

Saat ini seluruh warga yang positif sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Selama isolasi dilakukan pengawasan secara ketat oleh satgas dari kalurahan. Mereka tidak boleh keluar rumah dan menjalani isolasi di dalam rumah

Wilayah ini terpaksa dilockdown karena lebih dari lima rumah di satu RT yang terpapar. Langkah ini dilakukan agar penyebaran kasus bisa terkendali. Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari disiapkan oleh tim satgas.   

“Selter kalurahan sudah terisi tujuh orang. Kami akan manfaatkan salah satu ruangan di SMK kelautan karena kasusnya terus melonjak,” katanya. (tuti)

Baca Juga:  Babinsa Dampingi Pelaksanaan Vaksinasi di Dukun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed