oleh

Antisipasi Cacar Monyet, Masyarakat Diminta Terapkan PHBS, Ini Pesan Erla Kadiskes Metro

-Metro-41 views

Kota Metro — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengaku belum temukan adanya masyarakat yang terjangkit penyakit Cacar Monyet (Monkeypox) di Bumi Sai Wawai.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan, Erla Andrianti, Rabu (01/06/2022).

Ia mengatakan, meski belum ada kasus yang terjangkit penyakit tersebut, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan tempat tinggalnya.

“Penyakit Cacar Monyet belum kami temukan di Metro. Namun masyarakat tetap kami imbau untuk waspada dengan menerapkan PHBS,” ujar Erla.

Ia mengaku, belum mendapatkan himbauan dari pemerintah pusat mengenai penyakit tersebut.

“Untuk temuan penyakit ini belum ada surat dari Kemenkes atau Dinkes Provinsi. Namun masyarakat tetap kami imbau untuk selalu menjaga PHBS untuk preventif semua penyakit,” jelasnya.

Menurutnya, selain penyakit Cacar Monyet pihaknya juga belum menemukan adanya penyakit Hepatitis Akut.

Meski demikian, sebagai langkah antisipasi telah dilakukan dengan menyiagakan rumah sakit dan puskesmas di Bumi Sai Wawai untuk menghadapi kemungkinan penyakit tersebut.

“Kesiapan rumah sakit sudah kita siapkan, supaya kalau ada dugaan ke arah Hepatitis Akut segera melaporkan ke Dinas Kesehatan dan ke pusat,” ungkapnya.

“Apabila ada anak-anak seperti itu harus diawasi, jangan sampai parah. Kalau sampai parah segera rujuk ke rumah sakit. Nanti tata laksana rumah sakit ada prosedurnya sendiri. Namun sampai hari ini belum ada laporan ke kota,” tambah Erla.

Selain itu, kewaspadaan masyarakat juga harus ditingkatkan untuk menjaga agar penyakit tersebut tidak menyerang khususnya pada anak-anak.

Kemudian, pengawasan juga harus dilakukan oleh para orang tua terlebih jika anak-anak mengalami gejala seperti diare, mual, muntah-muntah dan panas.

“Untuk mengetahui pastinya memang harus dilakukan tes selanjutnya. Terutama jangan sampai terjadi penyakit kuning. Ini terutama bagi anak-anak berusia dibawah 11 tahun. Jadi jika ada gejala yang mengarah ke penyakit ini agar segera dilaporkan ke Dinkes,” pungkasnya.(RT).

Baca Juga:  Dikonfirmasi Perbaikan Tambal Sulam, Dinas PUTR Metro Minta Solusi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed