oleh

Kejuaraan Softball U-23 Jaring Atlet Pra-PON Lampung

-Olahraga-287 views

Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Lampung menggelar kejuaraan softball antar klub U-23 memperebutkan piala Gubernur Lampung di Lapangan Emas PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Minggu, 25 September 2022.

Ketua Pengprov Perbasasi Lampung Wiriawan Sada Melindra mengatakan tujuan utama pelaksanaan kejuaran tersebut sebagai ajang seleksi para atlet untuk berlaga di ajang Pra-PON 2023, yaitu kualifikasi menuju PON XXI tahun 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan dari kompetisi Gubernur Cup 2022 Softball antar Klub se-Lampung ini muncul bibit-bibit unggul untuk generasi softball dan baseball pada PON yang akan datang,” kata dia dalam sambutannya.

Menurut Awa sapaan akrabnya, ajang seperti ini harus digelar dengan tujuan pencarian bibit unggul dan regenerasi para atlet yang sudah tidak lagi muda. Sebab, Lampung mempunyai tugas berat untuk minimal mempertahankan satu emas dari nomor softball dan satu perak dari baseball, yang diraih pada PON XX Papua tahun 2021 lalu.

“Karena mempertahankan ini lebih sulit, apalagi provinsi lain juga sudah persiapan lebih dulu,” ujar Awa.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemprov Lampung Saiful Darmawan mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, raihan prestasi Perbasasi Lampung pada PON lalu sangat maksimal dengan satu emas dan satu perak.

Untuk itu Pemprov Lampung terus mendukung Perbasasi Lampung mulai dari peningkatan fasilitas, pemberian insentif atlet, hingga perbaikan tata kelola manajemen.

“Hal ini juga dalam mendukung program anak muda berjaya, terutama olahraga, kesenian, dan kreatifitas” katanya.

Sementara itu Ketua pelaksana kejuaraan gubernur cup, Lazuardhi Arraniri mengatakan, terdapat sembilan klub softball yang terdiri dari enam klub pria dan tiga klub wanita yang mengikuti kompetisi tersebut. “Kompetisi mulai 25 September hingga 2 oktober 2022 di PKOR Way Halim,” ujarnya.

Baca Juga:  Seleksi Pra PON Softball dan Baseball Lampung Tahap Dua

Enam klub softball putra yang berlaga terdiri dari Mohican A, Mohican B, Garmet, Wildcats, Smanda dan Dolphin. Sedangkan klub perempuan terdiri dari Mohican, Garmet, dan perwakilan dari Kota Bandung.

Pada kategori pria menggunakan sistem setengah kompetisi. Sedangkan, kategori perempuan menggunakan sistem full kompetisi, home dan away,” katanya.

Kejuaraan Gubernur Cup 2022 Softball antar klub U-23 dibuka secara resmi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi selaku atlet kehormatan Perbasasi Lampung dengan cara memukul bola softball menggunakan stik. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed