oleh

Arahan Gubernur Arinal pada Kongres Bahasa Lampung Pertama 2022

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, meminta Kongres Bahasa Lampung dapat merumuskan strategi menggali, memelihara, dan mengembangkan bahasa Lampung sebagai aset kebudayaan Indonesia. Bahasa Lampung dapat sejajar dengan bahasa daerah lainnya di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Arinal saat membuka Kongres Bahasa Lampung Pertama Tahun 2022, yang mengambil Tema ‘Optimalisasi Peran Bahasa Lampung untuk Memperkokoh Jati Diri dan Kebudayaan Nasional’ bertempat di Hotel Bukit Randu, Kamis (08/12/2022).

Pada pengantarnya, Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Kebudayaan Nasional dibangun atas berbagai kebudayaan daerah yang beragam warna dan corak, sehingga merupakan satu rangkaian yang harmonis dan dinamis.

Karena itu, bahasa, sastra, aksara daerah, kesenian dan nilai-nilai budaya daerah merupakan unsur penting dari kebudayaan yang menjadi rangkaian kebudayaan nasional.

Dalam kesempatan itu Gubernur Arinal melanjutkan bahwa Provinsi Lampung sebagai provinsi yang memiliki kekayaan bahasa dan budaya daerah yang patut dibanggakan.

“Provinsi Lampung sebagai provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan bahasa dan budaya daerah yang patut dibanggakan, yang mana kebanggaan itu direpresentasikan pada motto Provinsi Lampung ‘Sai Bumi Ruwa Jurai’ yang bermakna satu bumi dengan dua adat budaya,” tuturnya. (*)

Baca Juga:  Gubernur Arinal Buka Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional Zona II Lampung Tahun 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed