oleh

Dinas Pariwisata Kulonprogo Kembangkan Lima Geowisata Perbukitan Menoreh

-Daerah-217 views

KULONPROGO – Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo akan kembangkan lima geowisata yang ada di Perbukitan Menoreh. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, namun juga dikolaborasikan dengan pengembangan budaya berkelas dunia.

“Kami akan kembangkan lima geowisata dengan konsep pariwisata kolaboratif,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito, Minggu (25/4/21).

Lima geowisata ini di antaranya Gunung Ijo, Gunung Gajah dan Gunung Kendil, serta dua gua purba yakni Gua Kiskendo dan Gua Sriti. Pengembangan wisata ini akan dibranding dengan kolaborasi budaya berkelas dunia, dengan menampilkan pentas budaya di panggung geowisata. 

Joko mengatakan, Perbukitan Menoreh telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer oleh UNICEF sejak 2020 lalu. Upaya pelestarian lingkungan terus dilakukan masyarakat dengan melakukan edukasi dan pembuatan regulasi di tingkat desa. Seperti larangan berburu, perlindungan satwa hingga kearifan lokal lainnya.

Konsep dasar pengembangan kawasan ini menggunakan konservasi dan memelihara dan melestarikan sejumlah titik gua dan gunung purba. Selain itu juga ada pengembangan dengan sentuhan wisata edukasi. (tuti)

Baca Juga:  18  Calon Komcad Asal Wonosobo Diberangkatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed