oleh

BRIGIF 4 MAR/BS LAKSANAKAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN WILAYAH DI TENGAH MEREBAKNYA VIRUS CORONA

pesawaran (Journal):Dalam menghadapi penyebaran wabah virus Corona (Covid-19), Bigade Infanteri 4 Marinir/BS melaksanakan program ketahanan pangan wilayah dengan memanfaatkan lahan2 kosong disaat siaga pandemik corona di Mako Brigif 4 Mar/BS. Piabung Padang Cermin Pesawaran Lampung, Kamis (02/04/2020).

Program kegiatan ketahanan pangan wilayah tsb.di laksanakan di tengah maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19), yang dilaksanakan oleh prajurit prajurit petarung Harimau Sumatera di jajaran Brigif 4 Mar/BS, diantaranya Yonif 7 Mar Lampung dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 5000 m2 dengan menanami tanaman seperti jagung, singkong, pisang dan sayur mayur.
Begitu juga di Yonif 8 Marinir Pangkalan Brandan Medan yang memanfaatkan lahan kosong seluas 2 Ha.dan Lahan tsb.dalam Proses Penggemburan tanah, dikarenakan Kondisi cuaca masih kemarau, dlm waktu dekat akan segera di tanami Jagung, Singkong, dan Sayur2an .
Sementara itu di Yonif 9 Marinir Lampung ketahanan pangan wilayah dilaksanakan dengan memanfaatkan lahan kosong utk segera di tanami jagung ,singkong, sayur-sayuran dilahan seluas -/+ 2,5 Ha serta penebaran Benih ikan lele di sekitar Mako Yonif 9 Mar yang di pekirakan akan dapat di panen pada bulan Juli 2020 Mendatang.
Di Yonif 10 Marinir Batam ketahanan pangan wilayah dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 2 Ha, dan di tanami jagung, singkong, pisang dan sayur mayur. Sementara itu di Mako Brigif 4 Marinir/BS sendiri saat ini Kima Brigif 4 Mar/BS Lampung bersama masyarakat sekitar telah melaksanakan Budi Daya Laut udang Vaname yg berlokasi didesa piabung, dengan media Biovlok2 disekitar pemukiman masyarakat.Saat ini dilaksanakan proses pemisahan Benih Udang Vaname sebanyak 15.000 ekor, yg semula dalam 1 kolam, dipisah menjadi 4 kolam.Direncanakan panen pada bulan juni 2020.
Disamping itu Kima Brigif 4 Marinir/BS juga telah melaksanakan penyiapan lahan kosong yang saat ini dlm Proses penanaman palawija dan sayur2an, diantaranya singkong, kacang panjang, terong, tomat, sawi dan cabai.

Baca Juga:  Audiensi ke Dewan Pers, SMSI Bahas World Press Freedom Day dan Kampanye Pilkada Damai

Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M. menegaskan bahwa kegiatan program ketahanan pangan wilayah yang memanfaatkan lahan kosong ini sangat bermanfaat sehingga hasilnya nanti dapat dinikmati oleh prajurit2 di Jajaran Brigif 4 Mar/BS di tengan merebaknya virus Corona tersebut.
Beliau juga menyampaikan kepada para prajurit bahwa Covid-19 sebenarnya bukanlah aib, ini adalah penyakit “biasa” yang kebetulan belum ditemui obatnya, namun demikian tercatat ada beberapa orang yg sembuh setelah menjalani isolasi serta perawatan di Rumah sakit.
Virus ini sendiri telah menginfeksi banyak negara di dunia, karenanya oleh WHO dinyatakan virus corona sebagai pandemi, artinya virus ini telah menyebar hampir di seluruh dunia.
Dan menjadi tugas kita bersama utk selalu menjaga kebersihan diri,keluarga serta mengikuti anjuran pemerintah utk sementara waktu berdiam diri di rumah, dan melaksanakan social Distancing/ menjaga jarak disaat berkomunikasi agar dapat terhindar dari penyebaran virus tsb.

News Feed