oleh

Winarti Siap Berikan Jaring Pengaman Sosial untuk Warga Miskin

Winarti, Bupati Tulangbawang

MENGGALA – Kabar baik bagi seluruh lapisan masyarakat Say Bumi Nengah Nyappur, pasalnya dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang pastikan akan mendistribusikan bantuan Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat miskin diwilayah kabupaten setempat.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Tulangbawang Winarti usai membeberkan Laporkan Penanganan Covid 19 serta kondisi diwilayah yang Ia pimpin ke Gubernur dan Mendagri melalui Video Conference.09/04.

Menurut Winarti, Kendati aktivitas perekonomian masyarakat Tulangbawang ditengah Pandemi Covid-19 masih normal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tetap akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat tidak mampu.

Itu dilakukan kata Winarti sebagai bentuk perhatian dan kepedulian dirinya untuk mernigankan beban hidup masyarakatnya ditenggah himpitan ekonomi akibat corona.

“Saya sudah perintah leading sektor terkait agar mendata dan memetakan masyarakat mana saja yang benar-benar layak atau berhak menerima bantuan, jangan sampai apa yang kita berikan tidak bermanfaat. Artinya jika yang dibantu orang mampu, walaupun banyak bantuan tentu tidak ada artinya. Namun jika yang dibantu warga sangat kesulitan, walaupun sedikit akan sangat membantu. Tunggu saja, masih dalam proses, secepatnya bantuan sosial didistribusikan,”ujarnya.

Winarti juga menyampaikan upaya-upaya pemkab dalam memutus rantai penyebaran corona dengan telah dilakukan oleh pihaknya bersama jajaran forkopimda serta 147 kampung secara masif dan continue.

“Semua langkah nyata antisipasi penyebaran virus corona kami lakukan. Mulai dari sterilisasi wilayah hingga pendirian pos pantau untuk memastikan kesehatan pemudik atau warga perantau yang pulang kampung kami terapkan selama 60 hari .Semuanya bertujuan memberikan rasa Aman dan Nyaman kepada masyarakat ditengah kekhawatiran wabah corona dan Alhamdulillah sampai sekarang Tulangbawang Aman dari corona,”terang winarti.

Lanjut Winarti, Kendati Aman, pemkab tidak akan berhenti atau berdiam diri dengan melakukan langkah antisipatif akan terus menerus dilaksanakan hingga dipastikan Indonesia benar-benar aman.

“Langkah pencegahan serta edukasi kepada masyarakat akan terus dilakukan,besok saya sudah intruksikan agar mensosialisasikan pemakaian Masker kepada seluruh masyarakat se-Tulangbawang saat berada diluar rumah, pemakaian masker sangat penting untuk menjaga serta menghindari tertular berbagai penyakit dari udara yang kita hirup melalui pernafasan,”ingatnya.

Untuk itu Winarti meminta seluruh aparatur kampung di 15 kecamatan tetap pro aktif melakukan pemantauan terhadap para warganya pada masing-masing wilayah.

Bahkan dirinya berharap kepada Pemerintah Pusat dan Pemprov Lampung agar tetap menjaga stabilitas ketersediaan Pangan di kabupaten Tulangbawang.

“Bantu kami stabilkan distribusi bahan-bahan pokok seperti Gula dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainya, karena itu sangat membantu. Jika bahan pokok langka maka akan berakibat melambungnya harga sehingga menambah derita masyarakat, jangan sampai itu terjadi kasihan dengan masyarakat,”tukasnya.(Murni)

News Feed