oleh

Akhirnya Masyarakat Setuju GSG-IC Lampura Jadi Tempat Isolasi

Lampung Utara (Journal): Masyarakat Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan mendukung keberadaan tempat karangtina yang dijadikan ruang isolasi warga terdampak covid-19. Setelah sebelumnya sempat melakukan penolakan karena ketidak tahuannya akan mekanisme maupun cara pengamanan disana.

Setelah adanya komitmen dari pemerintah daerah dan Forkopimda memberikan garansi mengenai masalah keamanan keberadaa tempat isolasi di GSG Islamic Center Kotabumi melalui pertemuan langsung dengan perwakilan warga di Posko Terpadu Percepatan Penanganan covid-19 Gedung Korpri Kotabumi, Jumat (10/4/2020). Guna menampung aspirasi masyarakat kelurahan disana untuk dapat memberikan jaminan keamanan tidak menyebarnya wabah yang sedang merebak orang yang diisolasi.

“Kalau seperti ini kami bisa tenang, karena khawatir akan tertular dengan adanya warga terkonfirmasi positif diisolasi disana karena ada jaminan dari mereka (pemerintah-forkopimda). Seperti penyemprotan tiap hari, disertai petugas berjaga 24 jam, “kata salah seorang perwakilan, Wawan Dermawan.

Menurutnya, dalam hasil pertemuan itu, masyarakat sepenuhnya mendukung kebijaksanaan pemerintah dal upaya menyediakan fasilitas khusus bagi karantina warga terpapar covid-19. Dengan alasan tidak tempat lain yang kebih layak, mulai dari luasan dan jarak dengan rumah penduduk.

“Intinya kami mendukung, tapi tadi kalau ada tempat lain yang layak mohon dapat dipindahkan. Dan juga saat ini musim penghujan, jadi bisa hanyut oleh air, “terangnya.

Ali Rosidi salah seorang perwakilan warga Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan menambahkan sebenarnya masyarakat antara setuju dan tidak akan pilihan tempat isolasi dipilih pemerintah. Sebab, mereka menilai akan menjadi pendemik disana dan berharap itu tidak lama karena kekhawatiran yang ada.

“Sependapat dengan rekan saya, kalau bisa ini dapat dipindahkan. Tidak lama disini, inti masyarakat mendukung upaya pemerintah apalagi ada jaminan tidak akan menulari yang lain. Dengan tekhnis penjaga dan pengawasan dari petugas terkait berjaga disana, “ujarnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 Lampura, Budi Utomo, sekaligus Plt Bupati Lampura Budi Utomo mengungkapkan pihaknya meminta masyarakat untun dapat lebih tenang menghadapi wabah disana. Khususnya keberadaan ruang isolasi disiapkan pemerintah di GSG Islamic Center Kotabumi. Sebab, pemerimtaj bersama aparat (TNI-Polri) menjamin itu tidak akan menjadi malapetaka disana.

“Ya disinilah letak kebersamaan kita, kami pemerintah menjamin itu. Apa yang menjadi aspirasi masyarakat, insyallah apa yang menjadi kekhawatiran akan ditindak lanjuti. Terima kasih atas dukungannya, semoga dengan kebersamaan ini badai akan cepat berlalu dikabupaten kita cintai ini, “tambahnya.

News Feed