oleh

Waspada! Gunung Merapi Semburkan Lava

-Daerah-264 views

YOGYAKARTA –
“Ini pertama kali guguran lava pijar Gunung Merapi meluncur ke arah hulu Kali Sat di sisi barat daya Gunung Merapi,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida kepada wartawan, Minggu (21/2/21).

Aktivitas Gunung Merapi yang meluncurkan lava pijar hingga saat ini masih terus terjadi. Untuk pertama kalinya luncuran lava pijar Merapi mengarah ke hulu Kali Sat, Magelang.

Guguran lava pijar yang terjadi pada Sabtu (20/2) malam, lanjut Hanik, berjarak luncur mencapai 1.000 meter.

“Guguran terjadi pukul 20.37 WIB dengan amplitudo 30 mm, durasi 113 detik, dan jarak luncur 1.000 meter,” terangnya.

Menurut hasil pengamatan pada Sabtu (20/2) pukul 18.00 hingga 24.00 WIB tercatat guguran lava pijar sebanyak 10 kali. Sementara pada periode pengamatan Minggu (21/2) pukul 00.00 hingga 06.00 WIB tercatat sebanyak 11 kali guguran lava pijar.

“Total dari hari Sabtu (20/2) pukul 18.00 WIN hingga Minggu pagi hari ini pukul 06.00 WIB tercatat ada 21 kali guguran lava pijar. 10 kali pada Sabtu dan 11 kali pada Minggu. Untuk arah guguran masih dominan ke barat daya atau ke hulu Kali Krasak dan Boyong,” paparnya.

Sementara itu, tegas Hanik, walau arah guguran kali ini ke Kali Sat, BPPTKG tidak mengubah rekomendasi daerah bahaya Gunung Merapi.

“Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih dalam status siaga,” terangnya.

Potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas pada selatan-barat daya meliputi Kali Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Untuk lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. (tuti)

Baca Juga:  Wabup Bartim Ajak Masyarakat Membaca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed