oleh

Karya Bakti Membuat Tanggul Wangan Aji Atasi Kekeringan Memasuki Musim Kemarau

-Daerah-176 views


 
Wonosobo, Analisis.co.id – Koramil 01/Wonosobo bersama dengan gabungan kelompok tani dan paguyuban pedagang pasar ikan Sumberan melaksanakan karya bakti membuat tanggul di Wangan Aji, Jum’at (21/5/21).

Serma Supriyanto babinsa Koramil 01/Wonosobo Kodim 0707/Wonosobo mengajak masyarakat untuk bersama – sama melaksanakan gotong royong membuat tanggul saluran Wangan Aji yang berada di Desa Krasak Mojotengah. Hal ini dilakukan karena saat ini akan memasuki musim kemarau, debit air Wangan Aji mengecil disebabkan air yang mengalir ke arah kota mengalir ke arah sungai serayu.

Ini bisa terjadi sebab saluran yang ke arah kota mengalami pendangkalan. Melihat keluhan para pedagang ikan dan kelompok tani yang selalu berebut air maka Serma Supriyanto mencari sumber permasalahan. Setelah diketahui permasalah tersebut para pedagang dan kelompok tani diajak untuk bersama sama menyingkirkan material (batu) yang menghambat saluran air.

Adapun tujuan dilaksanakan karya bakti ini adalah disamping untuk memperbesar saluran air juga warga sekitar dan mengangkat sampah, mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan khususnya kebersihan sungai di sepanjang tanggul, dengan dijaga kebersihan sungai akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat selain itu aliran sungai menjadi lancar tanpa hambatan sehingga hasil pertanian dan perikanan khususnya tanaman padi akan lebih meningkat.

Dengan diselengarakannya kegiatan karya bakti ini diharapkan akan lebih mempererat tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat  sehinga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dan juga saluran ini bebas dari material yang menghambat maka air akan lancar, debitnya meningkat sehingga para pengguna saluran tersebut tidak lagi ada perselisihan memperebutkan air.

Kuat salah satu pedangan pasar ikan Sumberan mengucapkan banyak terima kasih kepada Koramil 01/Wonosobo yang telah mengajak paguyuban pedagang pasar ikan dan gabungan kelompok tani untuk bersama–sama melaksanakan gotong royong membuat tanggul dan membersihkan saluran Wangan Aji.

Baca Juga:  Inspektorat Lampura-BPKP Akan Audit RS Ryacudu

“Tanpa ada komando dari Koramil tentu kegiatan ini tidak berjalan. Karena semua saling menunggu. Kami membutuhkan air aka tetapi untuk bergerak menggerakan semua komponen kami mengalami kesulitan.  Berkat adanya ajakan dari Koramil kami bersama – sama mengatasi permasalahan yang ada,” jelasnya. (2ti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed