oleh

Ini Harapan Kades Cipadang di Pilkades Serentak

-Daerah-164 views

PESAWARAN (Analisis.co.id) – Kepala Desa Cipadang, Sugiyanto berharap Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 yang akan dilaksanakan dalam kondisi Pandemi Covid – 19 akan mampu menghasilkan para pemimpin yang berkualitas.

Harapan tersebut diutarakan, Sugiyanto kepada media Analisis.co.id saat bincang santai pada kegiatan arisan keluarga besar “Karakatau Music” belum lama ini.

Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran 2021 sebanyak 37 Desa di Bumi Andan Jejama. Ia pun berharap pada camat di kabupaten setempat ikut berperan penting dalam kontestasi Pilkades agar berjalan aman dan lancar.

Sugi menilai bahwa, selama ini Pilkades dinilai rawan dan sering kali ada judi. Karenanya sinergi panitia harus bisa menyelenggarakan Pilkades secara demokrasi.

Oleh karenanya, menurut Sugi, untuk mendapatka Kades yang berkualitas, setidaknya ada lima sukses yang harus diraih dalam Pilkades tahun 2021.

Dijelaskannya, sukses yang pertama adalah sukses penyelenggaraan dimana Pilkades tersebut bisa berjalan dengan prinsip Luber Jurdil. Kedua adalah sukses dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Ketiga sukses aman dan damai.

Dan yang keempat, lanjutnya, sukses aman dari Covid dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak memciptakan klaster baru, lalu serta sukses ekonomi yang diharapkan mampu menggerakkan ekonomi di Kabupaten Pesawaran.

“Semua pihak harus menjadi bagian solusi dengan membangun kolaborasi dengan seluruh stak holders sehingga penyelenggaraan Pilkades Tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, juga diharapkan pada Pilkades ini disiapkan Satgas Covid di tiap TPS,”tambahnya.

Agar kondisi tetap aman, sambungnya, dan tanpa ada konflik. Aturan main harus diikuti dan dipahami dan camat tidak boleh berpihak.

“Kondisi seperti ini bisa saja terjadi dan perlu kebijakan khusus dan warga bisa tetap berkontribusi dalam menyalurkan aspirasi politiknya di Pilkades,ā€¯tandasnya.

Baca Juga:  Laporan Dugaan Korupsi Pj Kakam Bumi Agung Mandek di Inspektorat Way Kanan

Ia pun juga mengingatkan bahwa tahapan yang rawan konflik saat pilkades dimulai ketika memasuki tahapan kampanye. “Karena perhitungan suara, gesekan itu bisa saja semakin panas apabila terdapat selisih hasil suara yang tipis,”ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta agar semua calon kepala desa (Cakades) harus menjalankan sesuai dengan apa yang sudah disepakati bersama dan siap untuk menang ataupun kalah,”pungkasnya. (Zainal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed