oleh

Ini Kata Paisal, Soal Kekosongan Kursi Sekda

-Pesawaran-977 views

Pesawaran (Analisis.co.id) – Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran masih kosong, setelah Ir.H. Kusuma Dewangsa, MM memasuki akhir masa jabatan (pensiun,red).

Setelah masa jabatan Ir. Kusuma Dewangsa sebagai Sekda Kabupaten Pesawaran berakhir lalu untuk mengisi kursi jabatan sementara, menurut rumor yang beredar bahwa Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang disetujui oleh Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi dikabarkan menunjuk Asisten I Drs.Sukur sebagai Pelaksana Tugas (Plt ).

Menyikapi hal tersebut, anggota DPRD Pesawaran dari fraksi PAN Paisaludin, SH mengusulkan agar Dendi Ramadhona melalui persetujuan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi
‘jeli’ menempatkan sosok figur yang pantas menduduki jabatan strategis tersebut.

Menurut Paisal, figur idaman yang layak menempati posisi Sekda Pesawaran adalah sosok yang menguasai dan mengenal betul Kabupaten Pesawaran, baik dari segi kewilayahan maupun pemerintahan.

Selain itu, sosok tersebut juga harus berpengalaman, setidaknya sudah pernah memegang beberapa jabatan penting di Pemerintahan terutama di Pemkab Pesawaran. Sosok yang memiliki jenjang karir baik dan jelas di birokrasi terutama di Pesawaran (diutamakan pejabat karir di Pesawaran)

Bahkan, sosok tersebut juga harus memiliki track record dan tidak pernah tersangkut masalah atau kasus terutama korupsi.

“Itu bagian dari sosok yang menurut saya penting diperhatikan gubernur,”ungkapnya saat berbincang santai dengan media Analisis.co.id di kediamannya, Kamis (28/10/2021)

Anggota Wakil Ketua 1 DPRD Pesawaran itu juga meminta agar sosok tersebut juga memiliki kapasitas dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Memiliki jiwa kepemimpinan dalam mengelola manajemen pemerintahan. Mampu menjadi ‘dirigent’ yang baik dalam mengatur irama semua komponen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menuju Pesawaran yang lebih baik.

Selanjutnya, sosok memiliki integritas dan komitmen kuat membangun pemeritahan bersih dan berwibawa, dekat dan dipercaya oleh Gubernur Lampung maupun Bupati dan Wakil Bupati serta loyal dalam membantu kinerja Bupati atau Wabup.

Baca Juga:  RSUD Pesawaran Gelar Vaksinasi

Begitu juga, sosok tersebut harus kaya akan gagasan, daya inovasi dan kreatifitas serta mampu menerjemahkan ide-ide dan keinginan Bupati dalam membangun Bumi Andan Jejama sesuai dengan visi misi dan RPJMD. Sosok yang realistis, apa adanya, tidak pragmatis, apalagi Asal Bapak Senang (ABS).

“Beberapa kreteria itu juga penting,”ujar legislator dari PAN ini.

Bupati juga harus memperhatikan sosok yang mampu membangun hubungan baik dengan seluruh stack holder pemerintahan, mampu menjadi pelayan masyarakat Kabupaten Pesawaran utamanya dalam rangka mewujudkan prinsip pelayanan prima.

Masih kata Paisal, sosok yang mampu menjadi jembatan dan penyeimbang dalam membina hubungan kemitraan, setara, selaras dan seimbang antara Eksekutif, Bupati dan Wabup, dengan legislatif. Sehingga tercipta pemerintahan yang stabil dan kondusif, semangat dan amanat dari UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ketua DPD PAN Pesawaran menilai bahwa Pesawaran membutuhkan sosok sekda yang jujur dan tidak suka berbohong. Tidak bisa ditekan oleh siapapun dalam menjalankan tugas.

“Masyarakat Pesawaran tentunya juga meminta agar sosok Sekda Kabupaten Pesawaran harus berpandangan imparsialitas, berdiri di atas semua kepentingan. (Zainal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed