oleh

Desa Pesawaran Indah Optimis Juara Lomba Desa dan PKK Tingkat Kecamatan

-Daerah-730 views

Pesawaran (Analisis.co.id) – Meski baru pertama kalinya ikut dalam lomba desa tingkat Kecamatan, namun Desa Pesawaran Indah, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, optimis mendapatkan juara pada ajang yang dilaksanakan oleh Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran

Pernyataan ini disampaikan Kepala Desa Pesawaran Indah, Muharyanto saat ditemui disela-sela tim penilai penilai yang berjumlah 21 orang gabungan dari kecamatan dan Pokja melakukan penilaian, Kamis (21/7/2022).

“Kami dari Desa Pesawaran Indah sendiri optimis bisa meraih juara dalam lomba desa kali ini. Sebab, secara persiapan jauh-jauh hari sudah dilakukan dan keseluruhan kemampuan telah kami kerahkan bersama dengan segenap perangkat kami dan seluruh masyarakat dalam melaksanakan penyempurnaan dalam segala hal-hal dan bidang secara keseluruhan,”jelas pria yang baru 8 bulan memimpin Desa Pesawaran Indah ini.

Ditanya soal mengenai persiapan yang dilakukan sebelum menghadapi penilaian lomba, Muharyanto mengaku jauh jauh hari pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan kriteria lomba dengan bekerjasama dengan sembilan dusun desa setempat.

“Yang namanya pemerintah desa itu harus siap dalam segala hal, apa lagi berkaitan dengan nama baik desa sendiri,” ujarnya.

Dalam penilaian lomba desa tersebut, kata dia, pihaknya menampilkan tanaman obat-obatan (toga) seperti cabe, bengle, kunyit, jahe dan sebagainya.

“Jadi tanaman itu, hasil swadaya atau kreasi ibu-ibu rumah tangga yang dicocok tanam di pekarangan rumah warga. Kemudian kami juga menampilkan beraneka ragam UKM seperti kripik Mantang, kripik tales, kopi Sukma ilang dan kripik kulit Tangkil,”terangnya.

Sementara untuk, inovasi unggulan Pemerintah Desa Pesawaran Indah memprioritaskan pengembangan destinasi wisata air terjun.

“Salah satu inovasi kami yaitu pengembangan destinasi wisata alam (air terjun,red) yang lokasinya perbatasan dengan register 19. Namun, setahun belakangan ini ada kendala terkait sarana dan prasarana pendukung lainnya. Tapi kami sudah koordinasi dengan pihak Pemkab Pesawaran (bupati,red) dan alhamdulilah mendapat tanggapan yang posif dari Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona,”tutur ayah dua orang anak ini.

Baca Juga:  Ini kata Wakil Ketua DPRD Soal Tumpukan Sampah di Metro

Menurutnya, terkait perlombaan PKK ini, kita ambil hikmahnya saja. Yang pertama kita menggiatkan masyarakat untuk bersih-bersih lingkungan biar ada semangatnya. Kemudian kami mempersiapkan untuk memperingati hari ulang tahun Pesawaran, yang rencananya Semarak itu akan kita laksanakan pada tanggal 24 Juli 2022 dengan kegiatan senam sehat, yang dikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dan Insya Allah rencana ini akan berjalan lancar sesuai harapan kami.

“Supaya masyarakat tahu bahwa setiap tanggal 17 Juli itu adalah hari ulang tahun Kabupaten Pesawaran,”ucapnya ayah dari dua orang anak ini.

Adapun penilai-penilaian lomba, kata dia, keinginan dari kami adalah untuk memotivasi masyarakat Desa Pesawaran Indah agar membiasakan hidup yang bersih, nyaman dan desa juga hidup asri.

“Manfaat dari adanya lomba ini, kami bisa memberdayakan semua masyarakat terutama ibu-ibunya, dengan memberdayakan kegiatan menanam tanaman toga (tanaman obat-obatan,red).
Artinya warga bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti menanam tanaman obat, sayur mayur dan sebagainya,”tandasnya.

Muharyanto menjelaskan, fotensi yang kita tonjolkan pada lomba itu adalah tanaman toga. Jadi, keinginan castamer untuk mengangkat potensi yang ada di Pesawaran Indah ini dengan kebersihan. (Zainal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed