oleh

Meriahkan HUT Kabupaten, 11 Desa di Way Ratai Ikut Lomba

-Advertorial-409 views

SEBANYAK 11 desa diwilayah Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran menggelar lomba desa dan PKK, dengan tujuan memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Pesawaran yang ke-15,

Salah satunya, Desa Pesawaran Kecamatan Way Ratai mendapat giliran penilaian lapangan dalam ajang lomba desa serta pelaksana terbaik 10 program pokok PKK tingkat Kecamatan, Kamis (21/7/2022).

Sehubungan hal itu, desa yang berjuluk “Desa Diatas Awan” pemberian namanya oleh Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona ini menyambut gembira atas kedatangan Camat Way Ratai dampingi ketua PKK serta Pokja Kecamatan sebagai Tim Penilai Lomba Desa dan PKK tingkat Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran.

Hal itu terlihat dengan antusiasnya masyarakat menyambut tim penilai pengerak PKK yang dipimpin Pejabat Ketua TP PKK Way Ratai Ny. Rusiem beserta Pokja dari kecamatan.

Apalagi, Camat Way Ratai, Darsoyo ikut bersama masyarakat memberikan dukungan terhadap Desa Pesawaran Indah dalam lomba Desa Tingkat Kecamatan Way Ratai.

Kedatangan rombongan tim penilai pengerak PKK Kecamatan Way Ratai disambut langsung Kades Pesawaran Indah serta pembina PKK Kecamatan, Camat Way Ratai beserta rombongan memberikan aspreaseasi atas sambutan dan pelayanan yang diberikan kepada tim penilai.

“Selamat datang kepada pak Camat dan tim penilaian perlombaan desa tingkat Kecamatan Tahun 2022 di Desa Pesawaran Indah Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Semoga dengan kehadirannya disini mampu memberi motivasi bagi masyarakat Desa Pesawaran Indah pada khususnya, dan masyarakat Kabupaten Pesawaran pada umumnya,”kata Kades Pesawaran Indah, Muharyanto saat memberikan sambutannya.

Dikatakan Muharyanto, dengan terlaksananya kegiatan lomba desa dan lomba 10 pokok PKK yang dilakukan tim penilai penggerak PKK Kecamatan Way Ratai, jauh-jauh hari sebelumnya telah kita persiapkan dengan matang, terutama menyangkut kebersihan lingkungan, hingga penataan tanaman toga yang menjadi prioritas lomba desa, dilakukan secara kelompok oleh ibu-ibu di setiap dusunnya.

Baca Juga:  Peraturan Daerah Provinsi Lampung Tahun 2020 dan Tahun 2021

” Dengan semangat dan gotong royong yang dilakukan warga setempat, sehingga acara lomba penilai PKK dapat terlaksana dengan baik, mudah mudahan kedepan PKK Desa Pesawaran Indah menjadi pemenang, begitu juga sebaliknya dengan adanya lomba desa warga kami termotivasi sehingga terbiasa hidup bersih dan hidup sehat,”terangnya.

saat disambangi media Analisis.co.id, disela-sela peninjauan lokasi tanaman toga di Dusun Wono Rejo I terkait tujuan lomba desa bagi masyarakat Desa Pesawaran Indah sendiri, Muharyanto mengatakan, dengan diadakannya lomba tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat Desa Pesawaran Indah agar membiasakan hidup yang bersih, nyaman, sehat dan desa juga hidup asri.

“Sedangkan manfaatnya, kami bisa memberdayakan semua masyarakat desa setempat, terutama ibu-ibunya, dengan memberdayakan kegiatan menanam tanaman toga (tanaman obat-obatan,red).
Intinya bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti menanam tanaman obat (toga,red) sayur mayur dan sebagainya,”bebernya.

Sedangkan terkait potensi alam yang kita tonjolkan pada lomba ini, lanjut Muharyanto, adalah yang ada diruang lingkup desa kami.

“Memang yang di lombakan kebersihan, lomba administrasi, tanaman obat-obatan (toga,red). Hal ini merupakan keinginan costamer untuk mengangkat potensi yang ada di Desa Pesawaran Indah.

Sebenarnya terkait potensi alam ada nilai tambah bagi desa kami, termasuk di ujung dusun Kaligoha namanya. Nanti kita bisa melihat panorama alam yang indah dengan hamparan lautnya di ujung selatan. Itu merupakan nilai plus bagi kami. “Kedepannya mudah-mudahan lomba ini menjadi jembatan bagi kami,”katanya.

Untuk kedepannya, Muharyanto berharap kepada pemerintah daerah agar permintaan kebutuhan kami melalui proposal segera terpenuhi. “Semoga permintaan kami ditindak lanjuti, karena ada beberapa dusun di Desa Pesawaran Indah yang infrastrukturnya masih kurang,”tandasnya.

Sementara itu, Camat Way Ratai, Darsoyo mengatakan, dengan adanya kegiatan lomba desa agar PKK setiap desa masing-masing bisa berjalan dengan baik sehingga PKK sampai kedusun-dusun, seperti yang kita lihat disini ada tanaman toga (obat-obatan) dan kebersihan.

Baca Juga:  Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya dan Petambak Garam

Ia pun berharap dari 11 desa yang ada di Way Ratai ini supaya PKK-ini betul-betul berjalan lebih baik. Tapi bukan hanya ada PKK-nya saja yang berjalan, namun PHBS-nya juga gak diurus.

“Nah dengan adanya kegiatan ini, saya menggugah kembali supaya Kecamatan Way Ratai sudah tingkat nasional. Intinya terkait itu harus ditingkatkan lagi,”kata kepada media Analisis.co.id di lokasi kegiatan.

Darsoyo menilai terkait lomba yang menyangkut kebersihan lingkungan dirasa sudah memenuhi standar.

“Tidak menutup kemungkinan,sebut Darsoyo, antusias warga dalam
penataan lingkungan hingga kebersihan warga tersebut melakukan secara bergotong royong arti kata kekompakan warga sangat luar biasa,” ujarnya.

“Mudah mudahan dari penilai Pengerak PKK Tanjab Timur, memberikan nilai aplus dan patut kita acungkan jempol, kita berharap kedepan PKK Desa Pesawaran Indah mampu menjadi pemenang tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten,” tukasnya.

Dilain pihak, Ketua Tim Penilai, Rusiem menyampaikan, bahwa digelarnya kegiatan lomba ini dengan tujuan supaya Kecamatan Way Ratai lebih maju dan bagi desa-desanya lebih memanfaatkan tanaman-tanaman obat keluarga dengan toga-toganya yang ada di dusun-dusun desa setempat.

“Ada beberapa kriteria dan kita lihat perkembangan desanya, nanti itu yang akan kita jadikan kriteria penilaian seperti, untuk tanaman toganya yaitu kebersihan, kerapian, keindahan, dan kesuburan tanaman juga menjadi penilaian,”ucap Rusiem.

Jadi dari beberapa kriteria ini, sambung Rusiem, kita mulai melalui Desa Pesawaran Indah dan tim penilai akan turun langsung ke sembilan dusun diantaranya yang ada di desa setempat.

“Kami tim penilai lomba dari Kecamatan Way Ratai juga akan melakukan penilaian seobyektif mungkin. Mari kita berkompotisi secara sehat,”ujarnya.

Rusiem pun berharap, dengan mengadakan lomba toga ini supaya masyarakat yang ada di Kecamatan Way Ratai supaya lebih meningkatkan PKK-nya agar lebih bagus lagi, dan tanaman-tanaman toga bisa dimanfaatkan di setiap keluarga.

Baca Juga:  DPRD Bandar Lampung Gelar Paripurna Penetapan Propemperda Tahun 2021

Diketahui Desa Pesawaran Indah yang dikenal dengan sebutan Desa di Atas Awan itu memiliki luas sekitar 994,35 hektare, dan 9 dusun diantaranya, dusun Sidoharjo, Kaligoha I dan II, Margo Rejo, Wono Rejo I, 2 dan 3, kemudian dusun Sumber Rejo, dengan mayoritas mata pencarian penduduknya adalah petani (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed