oleh

Pembukaan Muswil VII ICMI Orwil Lampung, Gubernur Dukung penuh Program ICMI Lampung Bekerjasama Dengan BNPT Dalam Menangkal Radikalisme

BANDARLAMPUNG—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendukung kerjasama yang dilakukan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi wilayah (Orwil) Lampung bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menangkal radikalisme di Indonesia, terutama di Provinsi Lampung.

“Sejak kelahirannya di tahun 1990 yang lalu, ICMI merupakan kumpulan cendekiawan yang terpanggil untuk memberikan kontribusi, gagasan dan pemikiran untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan,” ucap Gubernur saat membuka Musyawarah Wilayah VII Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Lampung, di Gedung Convention Hall Mahligai Agung Pascasarjana UBL, Kamis (28/07/2022).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur meminta agar peran ICMI Lampung kedepan dapat lebih maksimal, Gubernur juga mendukung penuh program ICMI Lampung yang bekerjasama dengan BNPT dalam menangkal radikalisme di Indonesia, terutama di Provinis Lampung.

“Semoga program-program pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung dapat berjalan selaras serta bersinergi dengan program-program pembangunan daerah yang juga diusung oleh ICMI Lampung,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Ketua Umum ICMI Pusat Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si., mengatakan bahwa ICMI memiliki kepentingan besar untuk mengawal NKRI, karena ICMI memiliki peran dalam mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat dan bagaimana proses Demokrasi benar-benar dapat mensejahterakan masyarakat.

“Bersama-sama seluruh komponen bangsa kita akan berkolaborasi untuk menjaga NKRI ini untuk menjadi bangsa yang tangguh dan besar didunia, ICMI dan BNPT siap berkolaborasi dalam rangka merawat menjaga keutuhan NKRI, Dengan ICMI mengundang BNPT itu otomatis menunjukan komitmen kita dalam menanggulangi paham-paham radikal,” ucap Arif Satria

Menanggapi hal tersebut, Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi mengatakan bahwa BNPT Kedepan akan bersinergi bersama ICMI, terkait dalam bagaiamana menerapkan toleransi yang baik dan positif sehingga dapat menjaga keutuhan bangsa dalam melaksanakan pembangunan.

Baca Juga:  Gubernur Arinal Djunaidi Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Provinsi di Pekon Penantian - Ulubelu

Begitu juga dengan Ketua ICMI Orwil Lampung Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, M.B.A. yang mengatakan bahwa ICMI Orwil Lampung siap berkontribusi dan berkolaborasi dalam memberikan pemahaman-pemahaman kepada para cendikia dan masyarakat agar memiliki pemahaman yang komprehensif.

“Jadi jangan hanya mengambil satu sisi saja, pemahamannya harus komprehensif, sehingga tidak jadi radikal, kita juga siap memfasilitasi berbagai macam dialog dan diskusi kebangsaan sampai kepelosok-pelosok,” pungkas Yusuf S. Barusman (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed