oleh

Wakil Presiden RI Buka Acara Harganas ke-28

-Daerah-307 views

Analisis.co.id Tamiang Layang – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 dan Launching Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan ibu menyusui dan anak usia 12-18 tahun. Selasa (29/6/2021).

Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, di ikuti secara virtual seluruh perwakilan BKKBN Provinsi di Indonesia, para Menteri Indonesia Maju, dan para Gubernur, Bupati dan Walikota. Di Kalimantan Tengah, perwakilan BKKBN Kabupaten Barito Timur dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) mengikuti acara di rumah aula jabatan Bupati Barito Timur.

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Barito Timur, Kepala Bappeda, Kepala Kantor Kemenang, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kadis Dukcapil, Kasus Kominfo, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur, Pabung, dan tamu undangan terbatas.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dalam sambutan secara virtual menerangkan peran penting keluarga dalam program pemerintah.

“Program tidak dapat berjalan optimal tanpa ada dukungan dari keluarga, keluarga paling paham situasi, peran besar mempengaruhi persepsi semua keluarga. Keluarga memiliki peran lebih penting dalam mensejahterakan keluarga. Pemerintah ada program dalam menangani stunting. Stunting bisa menghalangi mewujudkan SDM yang produktif,” terang Tito Karnavian, Selasa (29/6/2021).

“Dalam situasi Covid-19, keluarga sangat penting menjadi benteng mencegah penyebaran Covid-19. Vaksinasi menjadi salah satu program penting menangani Covid-19, dengan vaksinasi diharapkan masyarakat mempunyai anti bodi. Upaya penekanan Covid-19, harus diikuti masyarakat, oleh karena itu keluarga mempunyai peran sentral dalam menangani Covid-19. Saya harap keluarga mendukung program vaksinasi. Selamat memperingati Hari Keluarga Nasional,” pungkas Tito Karnavian.

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, SP.OG (k), dalam lapor kegiatan mengucapkan terimakasih kepada Wakil Presiden, dan para menteri dan undangan lainnya yang berkenan hadir dalam acara Harganas.

Baca Juga:  Antisipasi Covid-19, Pemkab Lamsel Produksi 1,5 Juta Masker

“Hari Keluarga Nasional merupakan refleksi dalam pembangunan keluarga. Tema peringatan Harganas ke-28 tahun 2021 adalah Keluarga Keren Cegah Stunting. Tema baru sesuai tugas bapak presiden dalam mencegah stunting. BKKBN diberi mandat untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Program Bangga Kencana mewujudkan keluarga yang berkualitas mandiri dan bahagia,” terang Hasto.

Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin, dalam pembukaan acara menyampaikan permintaan maaf bahwa Presiden tidak hadir karena ada tugas negara lain.

“Tema Keluarga Keren Cegah Stunting di Hari Keluarga Nasional sangat tepat karena pemerintah secara sungguh-sungguh mengurangi Stunting. Keluarga merupakan unit terkecil dan mempunyai 8 fungsi, keluarga menjadi tempat nilai agama dipraktekkan, kasih sayang diberikan secara langsung. Keluarga punya peran penting dalam memperkenalkan nilai sosial budaya, nilai toleransi, bersosialisasi dengan orang lain. Oleh karena itu keluarga sekolah pertama dalam menyiapkan Generasi yang akan datang, jika berhasil banyak keluarga berkarakter dan pendidikan akan menjamin negara ini akan baik,” terang Ma’ruf Amin.

*Pembangunan bangsa dimulai membangun keluarga. BKKBN mempunyai peran penting itu, BKKBN harus bisa memastikan keluarga sehat dibangun atas perencanaan yang baik melalui perkawinan yang sah dan bertakwa kepada Tuhan,” lanjut wapres.

Kesempatan itu Wapres Ma’ruf Amin berpesan kepada BKKBN yang diberi amanah presiden untuk penurunan stunting hendaknya berkoordinasi dengan kementerian lain dan lembaga terkait. Karena penurunan stunting memerlukan keterlibatan dari kementerian dan lembaga lainnya.

“Dimasa pandemi pelayanan gizi dan ibu hamil tidak berhenti, agar pencapaian stunting tercapai, dengan disiplin yang ketat dan jalankan 5M. Pemerintah menggenjot vaksinasi agar sasaran 1-2 juta vaksin perhari dari presiden dapat tercapai,” terangnya.

Ma’ruf Amin juga menerangkan Harganas sebagai momentum dimulai vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 12-18 tahun.

Baca Juga:  DWP Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

“Peran BKKBN jadi unjung tombak vaksinasi keluarga inti,” jelasnya.

Tentang menciptakan SDM unggul berkualitas, Wapres Ma’ruf Amin menerangkan bahwa ketahanan keluarga berperan menciptakan SDM unggul berkualitas.

“Jadilah keluarga hebat dan berencana. Selamat Hari Keluarga Nasional,” tutup Wapres.

Sesuai kegiatan virtual, Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh mengatakan sangat mendukung dengan kegiatan BKKBN, terutama dalam pencegahan stunting, keluarga sejahtera, dan keluarga bahagia.

“Harapan kami selaku pemerintah daerah mendukung penuh dengan program BKKBN. Mudah-mudahan kegiatan ini berlanjut tahun berikutnya,” pungkasnya. (Gus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed