oleh

Ini Cara Kades Sinar Harapan, Melawan Covid19 di Desa

-Pesawaran-390 views

Pesawaran (Analiasis.co.id) – Terkait pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran masih dalam penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Kepala Desa Sinar Harapan, Kecamatan Kedondong, Pesawaran, Bagus Giyanto tanpa rasa lelah terus melakukan upaya agar warganya tetap berdisiplin mematuhi anjuran pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Supaya warganya menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang telah diajurkan oleh pemerintah apalagi terkait himbauan kepada warganya. Kali ini Bagus menuturkan kepada media Analisis.co.id melalui telpon genggamnya, Minggu (25/7/2021)

Dia menjelaskan, saya sebenarnya sudah menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Sinar Harapan melalui ketua RT,RW dan pernah kita musyawarah kan bersama dan juga saya sudah menyampaikan intruksi Pak Bupati melalui Camat Kedondong terkait situasi dan kondisi PPKM ini.

Dikatakannya saya juga sudah menyampaikan agar semua pelaksana kegiatan baik pun itu sholat Id Idul Adha kita laksanakan sesuai dengan aturan dikeluarkan, edaran aturan yang baik itu dari pusat maupun dari Provinsi maupub dari Kabupaten,”katanya.

Dalam setuasi ini, sambung Bagus, karena banyak juga masyarakat dalam kondisi yang kurang sehat, itu harapan kita mereka bisa isolasi mandiri di rumahnya, dan pembatasasn ini pun dilakukan oleh pemerintah sebenarnya sesuatu yang memang untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

“Kita saling menjaga juga dengan masyarakat lain. Pada saat kita mempunyai gejala kita sudah teridentifikasi, tentunya kita juga tidak ingin keluarga dan masyarakat lainnya juga ikut merasakan apa yang kita rasakan, ini yang sebenarnya. Jadi bukan dalam upaya pemerintah itu untuk membatasi . Semua ini untuk membuat masyarakat ruang geraknya susah, tidak semuanya tetapi untuk sementara waktu sampai memang batas waktu yang memang belum di tentukan. Ya kita harus menghadapi situasi ini lah yang sebenarnya kita coba benahi,”tandasnya.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Sosialisasikan Kampung KB Dan 10 Program Unggulan

Ia menambahkan, dalam kegiatan apa pun, termasuk pembagian daging kurban pada hari raya Idul Adha 1442 kemarin juga dirinya mengintruksikan kepada panitia kurban agar pembagian daging kurban dilakukan secara door to door. Ada petugas khusus yang akan mendatangi rumah warga penerima daging kurban. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerumunan massa dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Nanti ada pihak panitia yang bertugas untuk menyerahkan daring kurban kepada warga yang berhak menerima,”ucapnya.

Disamping itu, lanjut Bagus, beberapa waktu lalu masyarakat desa secara mendiri juga melakukan penyemprotan di seluruh penjuru desa (setiap dusun,red) secara bergotong royong mengumpulkan bahan disinfektan dan melakukan penyemprotan dilakukan di tempat-tempat umum, yakni tempat ibadah, balai desa, posyandu serta rumah warga di setiap dusun atau Rt-Rw.

“Penyemprotan ini dilakukan secara door to door yang melibatkan aparat desa, babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat serta BPD. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona Covid-19 di Desa Sinar Harapan,”ungkapnya.

Ia juga mengajak warga masyarakatnya untuk mematuhi himbauan pemerintah serta menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang kasusnya di Pesawaran terus bertambah setiap harinya.

“Penyebaran Covid-19 hanya dapat diatasi apabila kita mendisiplinkan diri kita sendiri dan membudayakan penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19,”kata Bagus.

Satgas Pencegahan Covid-19, sambungnya, baik Desa Sinar Harapan tidak akan segan-segan menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya selaku Pemerintah Desa Sinar Harapan mengingatkan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan lagi hal-hal sehubungan dengan Pencegahan Covid-19,” tutur Kades.

Lanjut Kades, jika ada hajatan, acara syukuran yang dilaksanakan tolong anak-anak jangan dibawah demikian pula dengan orang yang sudah lanjut usia sebab mereka rentah terhadap penyebaran Covid-19,”tegas Bagus.

Baca Juga:  Kapolres AKBP Pratomo Widodo Pimpin Upacara Sertijab

“Mari kita jaga diri kita keluarga dan orang-orang yang kita sayangi dengan menerapkan 4 M yakni mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, memakai masker ketika berada di luar rumah, jaga jarak serta hindari kerumunan orang atau keramaian,”pungkasnya. (Zainal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed