oleh

Hindari Resiko Tertular Covid-19, Pemkab Bartim Akan Canangkan Vaksin Bagi Ibu Hamil

-Metro-354 views

Analisis.co id Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas menyebutkan, program vaksinasi Covid-19 sudah bisa diberikan kepada para ibu hamil di Kabupaten Barito Timur, mengingat lanjut dikatakan bupati, ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19. Angka kematian ibu hamil yang terpapar virus ini juga cukup banyak. Bukan hanya di luar daerah, tapi juga di Kabupaten Barito Timur.

Selama ini, lanjutnya, dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 sudah dilakukan berbagai upaya. Tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan semata, namun juga melalui pemberian vaksinasi.

“Dengan adanya vaksin, ibu hamil bisa terhindar dari Covid-19 karena resiko lebih tinggi meninggal dunia apabila tertular,” ucap Ampera A.Y Mebas, Kamis (26/8/2021).

Selanjutnya, program pemberian vaksin akan menjangkau seluruh UPTD Puskesmas di Kabupaten Barito Timur. Dari pihak pemkab akan menargetkan sebanyak 550 orang sasaran untuk vaksin ibu hamil.

“Para ibu-ibu hamil kami minta tidak usah takut divaksin karena aman, silahkan langsung berkoordinasi dengan pihak puskesmas masing-masing,” pinta bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, pemberian vaksin bagi ibu hamil juga memiliki syarat dan ketentuan berlaku. Diantaranya, usia kehamilan diatas 13 minggu, tidak memiliki komorbid, dan tidak terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saya juga ikut menyarankan untuk para ibu-ibu menunda kehamilan dimasa pandemi Covid-19. Terima vaksin dulu baru program hamil,” ujar bupati.

Dalam kegiatan vaksinasi perdana bagi ibu hamil tersebut juga dilakukan launching di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (26/8/2021)

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Barito Timur sesuai petunjuk pusat dan provinsi, juga tengah melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil. Tujuannya agar ketahanan tubuh mereka lebih kuat, ibu dan bayinya tetap sehat.

Baca Juga:  AWPI Metro Beri Selamat Walikota-Wakil Walikota Baru

“Kabupaten Barito Timur menjadi salah satu daerah yang langsung memulai vaksin ibu hamil dengan target sebanyak 20 orang,” pungkasnya. (Gus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed