oleh

Seribu Angklung Sambut Atikoh Ganjar di Kota Gajah

-Daerah-554 views

KOTAGAJAH : Penggalangan berbagai kalangan terus dilakukan dalam setiap safari politik Atikoh Ganjar Pranowo, setelah berguyub rukun dengan jaringan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Pringsewu,

giliran Atikoh memadupadankan seni dan budaya di Lapangan Merdeka Kecamatan Kota Gajah Lampung Tengah. Helatan yang menghimpun ribuan penggiat seni tersebut rencananya akan digelar pada Rabu 10 Januari mendatang.

Tidak hanya pelaku dan pegiat seni, kegiatan yang dimotori Persatuan Seni dan Budaya (Persada) tersebut, rencananya juga akan dikolaborasikan dengan unsur Usaha Kecil dan Menengah Mikro (UMKM) sebagai salah satu penggerak unggulan Lampung Tengah dalam perekonomian.

Berbagai gelaran seni, rampak barong, jaranan, seni tari Bali, sesingaan, tari kontemporer hingga gitar Tunggal akan diselaraskan dalam 1000 angklung yang akan dikomandoi pegiat seni budaya Nasional, Tricia Lelonowati Sumarijanto.

Itu, akan didukung dengan kematangan produk unggulan dari 30 UMKM se Lampung Tengah. Simbol budaya dan ekonomi merupakan dua dari tiga gagasan Bung Karno dalam trisakti. yakni berdaulat di bidang politik, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan.

Design kolaborasi bertema dengan seni dan budaya, UMKM bangkit Masyarakat Sejahtera merupakan salah satu wujud dukungan pelaku seni ekonomi Lampung Tengah untuk calon presiden no urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ketua Persada Lampung Tengah, Abah Darum secara singkat menjelaskan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

Di satu sisi, keberagaman budaya di Indonesia memiliki suatu tantangan sendiri yang dimana tantangan itu adalah bagaimana cara untuk dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, pelestarian budaya membutuhkan sumber daya manusia yang tidak terputus.

Baca Juga:  Jubir Covid-19 Lamsel Minta Pemudik Lapor

“Generasi demi generasi harus terus terlibat dalam pelestarian budaya itu sendiri. Hal yang lebih sulit adalah tantangan setiap generasi dalam melestarikan budaya.

Tentunya dengan seiring berjalannya waktu dan banyak masuknya budaya asing, masyarakat Indonesia semakin dipusingkan dengan banyaknya budaya yang mereka kenal,” kata dia.
Untuk itu, kata Abah Darum, melihat Ganjar Pranowo merupakan capres yang memiliki perhatian lebih terhadap seni dan budaya Indonesia. “Kita percaya, Pak Ganjar mampu untuk itu (membangkitkan seni dan budaya),” imbuhnya.

Rencananya dalam kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan deklarasi dukungan terhadap paslon capres 03 oleh pegiat seni budaya dan pelaku UMKM Lampung Tengah. Ist

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed