Bandarlampung

Gubernur Arinal Pastikan Bandara Radin Inten II Lakukan Protap dan Protokol Kesehatan

Lampung Selatan (Journal) : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengecek langsung Bandara Radin Inten II dalam mengantisipasi Covid-19, dengan memastikan penerapam prosedur tetap (protap) dan protokol kesehatan di moda transportasi udara tersebut.

Hal itu dilakukan Gubernur Arinal dalam kunjungannya ke Bandara Radin Inten II, Kamis (16/4/2020).

“Ini untuk melihat pintu masuk masyarakat yang akan pulang ke Provinsi Lampung atau melalui Provinsi Lampung ke Provinsi lain di Pulau Sumatera ataupun Pulau Jawa,” ujar Gubernur Arinal.

Pengecekan kesiapan Bandara Radin Inten II ini bukan kali pertama dilakukan oleh Gubernur Arinal.

Pada Bulan Januari 2020 lalu Gubernur Arinal juga langsung bergerak cepat guna mengantisipasi Covid-19 di pintu masuk melalui moda transportasi udara tersebut.

Menurut Arinal ini dilakukan karena sudah menjadi hal yang wajib agar masyarakat terhindar dari wabah Covid-19 termasuk para petugas di Bandara.

“Wajib hukumnya kita mengendalikan agar masyarakat terhindar dari corona tetapi juga wajib untuk para petugas jangan sampai terbawa virus corona,” katanya.

Dalam pelayanan kepada masyarakat, Arinal minta petugas di Bandara Radin Inten II untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan protap dan protokol kesehatan.

“Saya minta agar para petugas di Bandara ini benar-benar menjalankan dengan petunjuk yang sudah diarahkan dan protapnya dilaksanakan,” ujarnya.

Arinal meyakini dengan bekerja bersama dan menjalankan protokol kesehatan, masyarakat Lampung akan terhindar dari Covid-19.

“Saya yakin Lampung akan terhindar dari wabah ini apabila kita secara bersama-sama mau bekerja, kita terus lakukan komunikasi,” katanya.

Pada bagian lain, Arinal mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik, melainkan tetap melakukan aktifitas di rumah saja dan mengenakan masker.

“Jangan takut dengan corona, kita berdoa dan bekerja serta mematahui apa yang telah diinstruksikan, Insya Allah corona akan hilang,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Arinal juga telah melakukan pengecekan langsung penerapan protokol kesehatan di transportasi laut, di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang.

Selain Bandara Radin Inten II, hari ini Gubernur Arinal juga melakukan kunjungannya ke Stasiun Kereta Api Tanjungkarang, Terminal Rajabasa dan Dapur Umum di Lapangan Korem 043/Gatam Enggal Bandar Lampung.

Sementara itu, Eksekutif GM Angkasa Pura II Cabang Radin Inten II Lampung Asep Kosasih Samapta mengatakan Bandara Radin Inten II telah melakukan persiapan-persiapan dalam penanganan wabah Covid-19 yang sudah dimulai pada akhir Bulan Januari 2020.

“Kami sudah memulai pada saat tanggal 27 Januari 2020 untuk peningkatan kewaspadaan,” ujar Asep.

Asep mengatakan telah berkoordinasi dengan membentuk tim khusus Bandara Radin Inten II bersama dengan Sistem Pengamanan Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang dan Custom Immigration Quarantine (CIQ).

“Kami sudah menyiapkan skema terkait apabila urgensi yang perlu kami lakukan disisi transportasi udara. Alhamdulillah kami sudah bersinergi,” katanya.

Asep menyebutkan telah pula melakukan koordinasi penyediaan peralatan baik di pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan Bandara seperti thermal scanner, penyemprotan disinfektan dan tersedianya posko Covid-19. Termasuk, melakukan minimum operasi penerbangan.

“Kami dapat arahan dari pusat dan kami sudah melakukan minimum operasi, untuk sisi positifnya agar masyarakat mengerti akan pentingnya dirumah saja. Kami bekerja secara optimal sebaik-baiknya,” katanya. (Adpim)

77 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share this: