oleh

Rukun Purwadi, Calon Kades Baturaja Siap Gali Potensi Desa

-Daerah-322 views

Pesawaran (Analisis.co.id) – Tinggal menghitung hari pesta demokrasi pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak tahun 2021, akan segera di mulai, sebanyak dua bakal calon pada Pilkades Batu Raja, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran telah resmi mendaftarkan diri.

Dari dua calon tersebut, satu diantaranya ‘Incumbent’ yang saat ini telah mendaftarkan diri untuk maju keajang kontestasi Pilkades tahun ini.

Menjelang pildes serentak, khususnya di Desa Batu Raja, muncul satu sosok yang tidak asing dan sangat familiar di mata masyarakat setempat, seorang sosok yang sederhana dan agamis ini akan mengikuti ajang pemilihan orang nomor satu di desa tersebut.

Ia adalah Rukun Purwadi atau yang sering di sapa ‘Pak Kades’. Sosok yang dekat semua golongan, diterima semua kalangan baik itu dari golongan orang tua, pemuda maupun para awak media yang sering disebut dengan kaum Milenial.

Apa yang melatarbelakangi, mantan kades (Rukun Purwadi,red) ini, dan kenapa ada niat mencalonkan diri sebagai calon bakal kepala desa batu raja.

Berikut petikan wawancara wartawan Analisis.co.id dengan Kades Rukun Purwadi, saat bincang-bincang santai dikediamannya, Minggu (4/7/2021).

  1. Apakah maksud dan tujuan Anda mendaftar menjadi kepala desa ??

Sejatinya, saya tidak ada niatan untuk menjadi kepala desa, namun karena kuatnya dukungan dari masyarakat setempat, baik itu dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang menginginkan saya menjadi kepala desa di Desa Batu Raja, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran. Maka dengan ‘bismillah’ saya memantapkan hati untuk ikut dalam bursa pemilihan calon kepala desa untuk periode 6 tahun kedepan.

“Itu dikarenakan masih banyak kerjaan di Desa Batu Raja untuk lebih mensejahterakan masyarakat di desa tempat saya tinggal. Ini yang belum tergarap kalau hanya satu periode,”tutur Rukun.

Baca Juga:  Soal Dugaan Pungli, DPRD Tanggamus Bangun Komunikasi

Ia melanjutkan, para tokoh masyarakat dan pemuda pernah mempertanyakan keperdulian dirinya untuk Batu Raja. Dirinya menjawab, bahwa saya ingin memajukan Desa Batu Raja menjadi lebih baik lagi. Untuk itulah pemuda dan tokoh masyarakat di Desa Batu Raja, meminta dirinya untuk maju kembali dalam ajang pildes ini.

“Saya maju menjadi bakal calon hanya ingin masyarakat desa Batu Raja sejahtera. Dan bila saya di amanahkan untuk mempimpin desa Batu Raja adalah untuk mengabdi pada masyarakat, dan mensejahterakan masyarakat serta akan memujudkan perubahan yang signifikan terhadap lingkungan desa, sehingga menjadi manfaat untuk masyarakat desa.

Saya juga akan mengaktifkan potensi yang ada di desa, karena sejatinya di Desa Batu Raja ini banyak potensi, namun pemerintah desa belum maksimal menggalinya,”paparnya.

Dengan pengalaman yang saya dapat, insya Allah cita-cita yang menjadi harapan masyarakat ingin sejahtera bisa tercapai. Karena pada prinsipnya, mensejahterakan banyak orang, dengan terwujudnya kesejahteraan untuk banyak orang dan di situlah adanya kepuasan batin sebagai seorang pemimpin.

“Mereka menginginkan kesejahteraan dan perubahan untuk desa, maka dengan pertimbangan-pertimbangan ‘Bismillah’ saya mengikrarkan diri sebagai Kades Batu Raja untuk periode 6 tahun yang akan datang.

“Itu dikarenakan masih banyak kerjaan di Desa Batu Raja untuk lebih mensejahterakan masyarakat di desa tempat saya tinggal. Ini yang belum tergarap kalau hanya satu periode,”ungkap ayah dari dua anak ini.

“Tapi Alhamdulilah dengan adanya dana desa (DD) dari tahun 2015 saya bisa membangun infratruktur yang memang belum terjangkau oleh pembangunan dari Kabupaten Pesawaran. Yang jelas saya bisa membuka isolasi ke dusun-dusun yang memang sebagai sentra pertanian,”katanya.

Ia menjelaskan, bahwa dari tahun 2015 sampai tahun 2020, kita sudah berasil membangun empat unit jembatan yang kondisinya, alhamdulilah sampai hari ini masih mantap dan ini masih dimanfaatkan oleh warga.
“di tahun 2020 kami juga sudah membangun balai rakyat yang peruntukannya untuk balai desa batu raja, yang sebelumnya juga sudah membangun gorong-gorong dan drainase serta rambat beton,”bebernya.

  1. Apakah motivasi Anda menjadi kepala desa ??
Baca Juga:  TPS 3R Munsit Tamiang Layang Diresmikan Bupati Barito Timur

Berbekal niat tulus dan berkeinginan melanjutkan pembangunan dan lebih mensejahterakan masyarakat dengan program-program lainnya. Disamping itu juga saya pun didukung oleh para tokoh masyarakat untuk mengabdi lagi di Desa Batu Raja.

“Saya merasa belum cukup berbakti dan belum merasa puas mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat untuk maju dan sejahtera,”katanya.

Ia menambahkan, banyak harapan saya ikut dalam kontes demokrasi Pilkades ini. Dan jika terpilih nantinya dan mendapat amanah dari masyarakat Desa Batu Raja, saya ingin lebih mensejahterakan lagi, karena masih banyak potensi-potensi yang belum tergarap oleh desa ini, seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan perternakan yang memang alamnya sangat mendukung dan apa bila digarap secara profesional akan mensejahterakan masyarakat desa setempat secara keseluruhan. Kemudian kami ingin pelayanan-pelayanan masyarakat yang memang belum terkaper sejak 6 tahun saya menjabat.

“Insya Allah, pencalonan kedua saya ini memang untuk mensejahterakan masyarakat. Jadi peranan masyarakat serta elemen masyarakat yang ada di Desa Batu Raja ini ingin bersama-sama mensejahterakan desa kita ini. Ini dikarenakan potensi kedepan itu lebih menjanjikan untuk kita kembangkan demi kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Rukun juga berharap kepada seluruh masyarakat Desa Batu Raja, ditengah pandemi Covid-19 yang belum ada titik terangnya. Ayolah kita membiasakan diri untuk melaksanakan protokol kesehatan.

“Dan mudah-mudahan Desa Batu Raja ini akan menggelar Pilkades serentak ikut menjaga kondisinya supaya kondusif. Kita saling bahu membahu menjaga daerah kita jangan sampai daerah kita terpapar lebih parah lagi dengan adanya pendemi Covid-19,”urainya.

ia juga meminta kepada semua pihak melaksanakan Pilkades ini, menahan diri. Kita junjung iklim demokrasi ini dengan suasana yang sejuk, karena kita satu keluarga, satu masyarakat yang memang masyarakat pedesaan, masyarakat yang religius dan juga kita jangan terpecah belah karena berbeda dalam mendukung pilihan. Persatuan itu adalah segalanya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kemampuan SAR, Polres Tanggamus Gelar Latihan Bersama Basarnas

“Saya sebagai calon ‘incumbent’ mengharapkan agar masyarakat Desa Batu Raja dewasa dalam memilih pemimpinnya, karena dia (kades,red) yang memimpin dan dia pula yang akan mengurus kita,”tandasnya.

Disamping itu juga, lanjut Rukun, dalam pencalonan Pilkades ini, saya mohon doa restunya dari masyarakat Desa Batu Raja. “Agar apa yang saya harapkan bisa tercapai dan pembangunan di desa ini berlanjut. Kesejahteraan akan kita capai bersama-sama,”pungkasnya. (Zainal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed