oleh

Lapas Kotaagung Gelar Apel Siaga Bersama Jelang Nataru

-Tanggamus-97 views

Analisis.co.id Tanggamus Tingkatkan kewaspadaan guna menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtib) menghadapi perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung menggelar Apel Kesiapsiagaan Gabungan bersama, Kamis (23/12).

Apel bersama berlangsung di lapangan upacara Lapas Kotaagung dengan Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman secara langsung menjadi pembina apel pada kegiatan tersebut.

Apel siaga kali ini tak hanya diikuti oleh seluruh Pegawai dan petugas Lapas Kotaagung, melainkan juga diikuti Anggota Polres Tanggamus, Kodim 0424 Tanggamus, BNNK Tanggamus, BPBD Tanggamus, dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tanggamus.

Dalam amanatnya, Beni mengimbau kepada Petugas untuk memastikan keamanan dan ketertiban Lapas tetap terjaga dengan melakukan kontrol lingkungan (trolling) secara berkala sesering mungkin.

Apel bersama ini menjadi bentuk komitmen Lapas Kotaagung dalam mewujudkan kelancaran perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban khususnya di Lapas/Rutan. Hal ini juga diperkuat oleh arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan dengan mengeluarkan surat Edaran nomor: PAS-1883.PK.05.08 Tahun 2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Lanjutnya, Ia menginstruksikan jajaran bersama BNNK Tanggamus untuk lakukan razia kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan tes urine 20 WBP yang dipilih secara acak serta 30 Petugas Lapas Kotaagung tanpa terkecuali sebagai upaya deteksi dini terhadap potensi-potensi yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

Hasil tes urine yang dilakukan menunjukkan bahwa seluruh WBP dan Petugas Lapas Kotaagung yang dites dinyatakan negatif Narkotika. Sementara hasil razia tidak ditemukan adanya barang terlarang seperti Narkoba dan Handphone, tetapi masih ada beberapa benda tajam membahayakan yang disita seperti alat cukur dan pisau rakit, sendok stainless, dan lainnya.

Baca Juga:  Mampus! Mengaku Berpangkat Kombes, Reza Falepi Diciduk Polisi

“Kita harus selalu waspada dan mengantisipasi kejadian gangguan Kamtib lain tak hanya WBP yang berniat kabur, tetapi juga kebakaran, korsleting listrik, bencana alam dan sebagainya. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan bantuan pihak TNI, POLRI, BPBD, Dinas Damkar dan BNNK Tanggamus untuk wujudkan keadaan aman dan kondusif di Lapas Kotaagung” ungkap Beni.

(Julyan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed