oleh

Ketua DPRD Metro Apresiasi Bakti Sosial AWPI Untuk Negeri

 

Kota Metro– Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution mengapresiasi kegiatan Workshop Bakti Sosial AWPI Untuk Negeri di Destinasi Wisata Amor, Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, pada Senin (13/03/2023).

Turut hadir pada kegiatan Bakti Sosial AWPI Untuk Negeri Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution, Kepala Dinas Tenaga Kerja Budi, Kepala Dinas Pendidikan &Kebudayaan Kota Metro, Suwandi, Dinas Sosial Metro Plt I Made, Sekretaris Dinas Kominfo Yudha,
Dinas P3KB Kota Metro, Dosen Unila Dr. Sowiyah, dan Tamu Undangan lainya.

Ketua DPRD Kota Metro, Tondi MG Nasution mengapresiasi atas terselenggaranya Workshop Bakti Sosial AWPI Untuk Negeri bagi Penyandang Disabilitas.

Menurutnya, pihaknya akan memberikan ruang berkarya dan beraktifitas kepada para penyandang disabilitas di wilayahnya.

“Perlakuan setara perlu dilakukan supaya penyandang disabilitas dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan kemampuannya sehingga keberadaan mereka dapat berdaya guna mendukung pembangunan di Kota Metro,” ungkapnya.

Selain itu, misi utama yang hendak dicapai adalah bagaimana mewujudkan pelayanan kepada penyandang disabilitas yang cepat, mudah, dekat dan berkualitas.

“Menjawab pertanyaan para wali murid dan perwakilan dewan guru, saya akan berupaya untuk menjembatani permasalahan penyandang disabilitas yaitu rehabilitasi sosial, pemberdayaan, jaminan dan perlindungan sosial,” katanya.

Dia menambahkan, upaya rehabilitasi sosial dilakukan dalam bentuk motivasi dan diagnosa psikososial, perawatan dan pengasuhan, bimbingan mental spiritual, pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan, bimbingan fisik, bimbingan sosial dan konseling psikososial, pelayanan aksesibilitas, bantuan dan asistensi sosial.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPC AWPI Kota Metro Verry Sudarto mengatakan bahwa, keinginannya agar di perkantoran memiliki akses untuk para disabilitas, karena menurut undang-undang tersedia 2% tenaga bagi kaum disabilitas.

Baca Juga:  Dinas Perdagangan Metro Segera Perbaiki Kerusakan Fasilitas Pasar Margorejo

“Tujuan kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan orang tua supaya mereka yang mempunyai anak disabilitas jangan memiliki rasa ragu untuk menyekolahkan anak mereka,” katanya.

Lebih lanjut Verry Ketua DPC AWPI Metro meminta kepada pemerintah untuk memberikan perhatian serius kepada penyandang disabilitas. Perlakuan setara tanpa diskriminasi kepada penyandang disabilitas harus ditingkatkan lagi di tengah masyarakat.

Disamping memberikan bantuan pembinaan, pendampingan konsultasi penyandang disabilitas yang tak kalah penting adalah edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan perlakuan yang setara dan wajar kepada penyandang disabilitas.

“Urgensi pemenuhan hak penyandang disabilitas saat ini perlu dioptimalkan dengan mengacu pada kewajiban pemenuhan hak penyandang disabilitas, sebagaimana tertuang pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas berikut turunannya. Ini merupakan paradigma baru, menggantikan UU No 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat,” tandasnya (Advertorial).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed