Bandarlampung

Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung Sambangi Lampung Timur

LAMPUNG TIMUR, (Journal) : Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay yang juga sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 menyambangi Kabupaten Lampung Timur pada Senin (20/4). Mereka disambut oleh Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari.Hadir dalam rombongan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Lukmansyah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung, Satria Alam.

Mengawali sambutannya Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyampaikan laporan terkait penanganan Covid 19 Di Lampung Timur kepada ketua rombongan yakni Ketua DPRD Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 Mingrum Gumay. Data covid-19 di Pemkab Lamtim, Jumlah orang di pantau : 5.805 orang, jumlah orang selesai pemantauan : 7.765 orang, orang dalam pemantauan : (ODP) : 40 orang, Pasien dalam pengawasan (PDP) :0; Positif : 0;

Data sebaran ODP perkecamatan, ODP terbanyak terdapat di Kecamatan Labuhan Maringgai sebanyak 4 orang dan terdapat 4 Kecamatan yang ODP nya 0 (nol). Terkait kesiapsiagaan Posko Gugus Tugas, rumah sakit/puskesmas, sesuai arahan Pemerintah Pusat dan Gubernur, dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 Pemkab Lamtim bekerjasama dengan Forkopimda, hingga saat ini sudah terbangun 10 posko di perbatasan wilayah lamtim dan 11 posko di pasar Daerah dan pasar Desa. Terkait dengan regulasi/SOP di RSUD Sukadana telah tersedia melalui keputusan Kepala DIrektur RSUD Sukadana nomor : 800/01/33-SK/2020 tentang penanganan pasien Covid-19 di RSUD Sukadana.

Dan untuk regulasi/SOP Puskesmas juga sudah tersedia, dimana SOP tersebut di tetapkan oleh Keputusan Kepala Puskesmas yang terdiri dari 34 Puskesmas di seluruh Pemkab Lamtim. Ketersediaan SDM, sapras dan penunjang dan diagnostic di RSUD Sukadana telah tersedia 16 Dokter Specialis, 13 Dokter Umum, 42 Perawat dan sapres lainya. Pada momen tersebut pria yang akrab di sapa Bang Ipul ini juga menyampaikan bahwa Pemerintah Lampung Timur juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan masker. “Terkait dengan sosialisasi pemakaian masker kami telah mensosialisasikan yang baik kepada masyarakat dan alhamdulillah berdasarkan pemantauan kami masyarakat kita sudah banyak yang menyadari penggunaan dari masker ini sangat penting dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona ini”. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Zaiful juga menyampaikan bahwa total alokasi dana desa yang digunakan untuk penanganan Covid 19 di Lampung Timur sebanyak 9,67 milyar. “Kami juga ingin sampaikan bahwa total alokasi dana desa yang digunakan untuk menangani konflik 19 ini sebesar 9,67 miliar atau rata-rata 3% dari total dana desa di masing-masing Desa”, ujar orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu.

Di ketahui rombongan gugus tugas dari provinsi meninjau RSUD Sukadana, Tempat Ruang Isolasi, dan dilanjutkan meninjau pasar Sukadana dalam rangka mengecek harga sembako dan pos gugus tugas covid 19, serta pos gugus tugas yang ada di Kecamatan Way Bungur.(Rls)

 

48 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share this: