oleh

Alat Uji PCR Ditempatkan di Balai Veterineri Lampung?

Ketua Balai Veterinari drh Nasirudin MSi dan Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto sedang berbincang terkait Vertiner. (Foto ist)

BANDARLAMPUNG – Kepala Balai Veterinari Provinsi Lampung, drh Nasirudin MSi, mengadakan pertemuan singkat dengan Sekretaris Daerah Pemprov Lampung, Fahrizal Darminto, di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, pada Rabu (22/4) lalu.

Dalam pertemuan tersebut drh Nasirudin menceritakan keberadaan Balai Veteriner Lampung yang merupakan laboratorium kesehatan hewan terakreditasi dengan keunggulan memiliki BSL 2+.

“Tidak semua laboratorium memilikinya,” kata drh Nasirudin dalam akun resmi media sosial Balai Veteriner Lampung.

Menanggapi hal tersebut, Fahrizal Darminto menyambut baik dan sangat berharap Balai Veteriner Lampung bisa berkontribusi dalam pengujian Covid-19.

“Jika bapak Gubernur setuju untuk melibatkan balai veteriner, maka Pemda akan mendukung,” ujar Fahrizal.

Kerja sama Balai Veteriner Lampung dan pemerintah provinsi diharapkan mampu mencari solusi terbaik dalam penanganan Covid-19 dengan pengujian yang cepat, tepat, dan akurat.

Kepala Seksi Informasi Balai Veteriner Lampung Tri Guntoro kepada Fajar Sumatera mengatakan dibutuhkan penilaian lebih lanjut dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 atau pihak yang ditunjuk oleh pemerintah provinsi.

“Kesiapannya tergantung pada yang menilai karena ini kan yang diuji manusia bukan hewan, kalau hewan kita biasa,” katanya saat dihubungi, Minggu (25/4).

“Silahkan untuk dicek kantor kami. Siap atau tidaknya kan nanti setelah dicek itu, dilihat dari kapasitas SDM, laboratorium, dan lingkungan. Kita sudah berkirim surat kepada gubernur, dan menyampaikan fasilitas yang kami miliki,” tutup Tri.

Sebelumnya Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dr Reihana, mengatakan Lampung dalam waktu dekat akan melaksanakan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat penanganan Covid-19.

“Akan datang satu buah PCR dari Kementerian BUMN, diperkirakan akan datang akhir bulan ini, 29-30 April datang,” kata Reihana pada Senin (20/4) lalu.

Saat ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sedang menyiapkan fasilitas laboratorium dan sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Sejauh ini, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung mengirimkan spesimen tes usap (swab) tenggorokan pasien ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Regional Sumatera di Palembang, Sumatera Selatan. (JOSUA)

News Feed