oleh

Abrakadabra, Ada Apa Dengan Ijazah S2 Istri Walikota

Bandar Lampung –Bakal calon walikota Bandar Lampung Eva Dwiana diketahui menjadi salah satu alumni Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dibekukan oleh Kemenristekdikti yakni STIA Yappann.Dalam temuan Kemenristekdikti, PTS tempat Eva mendapatkan Ijazah, mahasiswa tak perlu berkuliah untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.

Dilansir dari beritasatu.com, Ketua Tim Evaluasi Kinerja Akademik Perguruan Tinggi Kemristekdikti, Supriadi Rustad, mengatakan timnya menemukan PTS yang menerbitkan ijazah tanpa perkuliahan. “Kami menemukan banyak modus kecurangan dalam penerbitan ijazah,” ujarnya.

Dua PTS yang diinspeksi adalah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yayasan Pembina Penyelenggara Administrasi Negara/Niaga (STIA Yappann) Jakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwipa Wacana Jakarta.

Kedua PTS tersebut sudah dinonaktifkan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III. Namun, kedua kampus ini masih aktif menerima mahasiswa dan menerbitkan ijazah. Kedua kampus ini memiliki program studi terakreditasi B dan C pada 2012.

Manajemen kedua PTS ini tidak dapat menunjukkan sejumlah berkas yang diminta tim, seperti presensi mahasiswa, presensi dosen, kalender akademik, dan bukti pembayaran gaji dosen. Dari pemeriksaan, dosen tetap yang dilaporkan Kopertis terbukti fiktif.

“Mereka meminjam nama dan identitas dosen hanya untuk memenuhi syarat pembukaan program studi,” ujar Supriadi.

STIA Yappann mendaftarkan enam dosen bergelar doktor (S3) sebagai syarat membuka Program Studi S2 Administrasi. Setelah diperiksa, keenam dosen tersebut sudah cukup lama tidak pernah mengajar, bahkan tidak pernah datang lagi ke kampus. Hal serupa juga terjadi di STIE Dwipa Wacana.

Dalam kurun 2009-2014, STIA Yappann menerima 8.331 mahasiswa. Saat ini, mahasiswa yang tersisa hanya angkatan 2014 sebanyak 148 orang. Sebanyak 8.183 mahasiswa lain di program studi S1 dan S2 sudah tamat dengan masa kuliah di bawah dua tahun. Mahasiswa dapat diluluskan dengan cepat menggunakan  sistem sisip mahasiswa pindahan.

Diketahui, di dalam Surat Model BB.2 KWK tersebut Tertulis Daftar Riwayat Hidup Calon Walikota Bandar Lampung dalam Pemilihan Umum tahun 2020 ,Hj Eva Dwiana, S.E., M.Si. Lulusan Strata 1 (S1) di Universitas Wiraswasta Indonesia, pada tahun masuk 2000 dan tahun keluar 2004, Strata 2 (S2) di STIA Yappann pada tahun masuk 2010 dan Tahun Keluar 2012.

Jika diamati tidak ada permasalahan di S1 nya namun jika merujuk ke S2 Eva Dwiana lulusan PTS yang saat ini terbukti melakukan pelanggaran yakni beroperasi tanpa izin, menerbitkan ijazah palsu, dan jual-beli ijazah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed