oleh

Liburan Sekolah, Putra Perdana Mentri Ike Edwin Taklukan Gunung Pasagi Tertinggi di Lampung

 

Bandarlampung (Journal)-Dalam rangka liburan sekolah, Kanjeng Gusti Muhammad Saibathin, Putra Perdana Mentri Kerajaan Sekala Brak Lampung, Irjen Pol. Dr.Drs. Hi. Ike Edwin, SH,.MH, taklukan gunung pasegi di Kabupaten Lampung Barat, pada Sabtu (14/3/2020).

Dang Gusti Ike Edwin panggilan Irjen Pol. Dr.Drs. Hi. Ike Edwin, SH,.MH, bersama rombongan keluarga mengadakan pendakian Gunung Pasagi sengaja dalam rangka menemani sang anandanya Kanjeng Muhammad Saibatin berlibur. Meski menapaki jalan setapak dalam perjalanan pulang, usai bertadabbur alam di puncak Gunung Pesagi tetap semangat.

Dang Gusti Ike Edwin mengatakan, gunung Pesagi, tak saja banyak menyuguhkan pesona keindahan alam, namun gunung tertinggi di tanah Siger propinsi Lampung, dengan ketinggian 2.262 M, dari permukaan laut, juga kaya dengan cerita legenda rakyat serta sejarah.

Khususnya masih kata dia, sejarah perjalanan panjang berdirinya Kerajaan Skala Beghak, Lampung yang melahirkan banyak raja yang merupakan keluarga besar dari Ike Edwin.

Dan karena itulah ikatan emosional, sang Perdana Menteri Kerajaan Adat Lampung Paksi Pak Skala Beghak yang juga mantan Kapolda Lampung, sangat begitu besar pada Gunung Pesagi yang berlokasi di Liwa, Kabupaten Lampung Barat.

Berdasarkan hasil pantauan dilapangan, dalam perjalananya yang cukup panjang dan bisa dibilang melelahkan dalam kurun waktu kurang lebih 7 jam penuh dengan canda tawa untuk bisa mencapai puncak tertinggi dang ike ingin bercerita kepada sang anak tentang sejarah gunung legendaris tertinggi yang ada di provinsi lampung bahwa gunung pesagi tersebut adalah dulunya termasuk gunung yang bersejarah dan tempat pertapaan.

Dang Ike Edwin, yang di dampingi bersama dengan keluarganya dalam perjalanannya sambil menceritakan kepada sang anak dan keluarga ini.

“Nak ini adalah gunung yang sangat bersejarah kenapa ayah bilang bersejarah karena gunung ini dulunya adalah tempat perkumpulan para wali wali Allah dan para raja raja islam yang pertama munculnya agama islam di provinsi lampung nama rajanya yaitu raja skala brak,”lanjutnya.

Pendakian gunung pasagi memakan waktu yang cukup lama setelah sampainya dipuncak tertinggi gunung pesagi. Dang Ike sempat menunjukan gunung yang melegendaris di Provinsi Lampung.

“Ini nak dan puakhi, puncak tempat berkumpul dan berdoanya para wali wali Allah dan raja-raja yang pertama menginjakan kaki di bumi Lampung yang di sebut raja dialah raja Skala Brak,”ungkapnya.

Dang Gusti Ike Edwin juga menceritakan, kepada anak dan keluarganya tidak asal bercerita ‘kenapa’ kata Ike Edwin mau sebagai orang Lampung harus tau sejarah dan harus mengenal adat istiadat budaya kita di bumi Lampung.

“Karena perjuangan para wali Allah dan raja-raja islam yang ada di bumi lampung ini tidak mudah mereka perjuangkan demi agama yang mereka sebarkan dan adat istiadat budaya lampung yang ada di bumi kita yang bertahan hingga sekarang ini, saya ingatkan sekali lagi jadi mesti di ingat dan tidak boleh dilupakan karna sejarah itu sangat penting dan bagian dari kehidupan kita,”pungkasnya.(Rio).

News Feed