oleh

2640 Vaksin di Pesawaran, Nakes Prioritas

-Daerah-74 views

Pesawaran-Sejak awal pandemi, masyarakat dunia disibukkan dengan penanganan serta mencari formula vaksin korona. Setelah ada kabar penemuan vaksin, semua daerah berlomba untuk memperoleh termasuk Kabupaten Pesawaran.

Setelah mendapatkan vaksin virus corona dari Provinsi Lampung. Kabupaten Pesawaran akan segera menggelar imunisasi. Tapi setelah jadwal vaksinasi vaksin Virus corona ditetapkan. Namun, sebelumnya terlebih dahulu akan melakukan koordinasi dengan stakeholder di kabupaten setempat.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa kepada sejumlah wartawan.

Masih kata Kesuma, terkait vaksin, Pemerintah Kabupaten Pesawaran mendapat jatah vaksin Covid-19 sebanyak 2.640 dosis vaksin. Dan untuk pelaksanaan distribusinya nanti  dilakukan secara bertahap.

“Sehubungan dengan bagaimana teknis pendistribusian vaksin tersebut kepada puskesmas, besok kita rapatkan dulu. Setelah pendistribusian vaksin sudah sampai di faskes-faskes yang kita miliki,  baru kita jadwalkan untuk mulai melakukan vaksinasi secara serentak,” paparnya, Kamis (21/1/2020)

Ia juga menjelaskan, soal sosialisasi dan koordinasi dengan fasilitas kesehatan yang kita miliki sudah kita lakukan sebelumnya. “Puskes mas  itu sudah ada data dan sasaran tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin. Jadi begitu kita distribusi Nakes ini sudah siap untuk divaksin,”terangnya seraya mengatakan rencananya vaksinasi di Kabupaten Pesawaran akan selesai pada tahun ini (2021).

Sebelumnya kita sudah mengusulkan jumlah yang akan mendapatkan vaksin, terang Kesuma,  kurang lebih sebanyak 243 ribu orang, tapi itu akan dilakukan secara bertahap, dan pada tahap pertama ini kita mendapatkan vaksin sebanyak 2.640 dosis, dimana tahap pertama akan diberikan kepada Nakes yang kita usulkan sebanyak 1.320 orang dan sejumlah forkopimda Kabupaten Pesawaran.

“Saya berharap vaksin ini bisa bermanfaat kepada masyarakat, dan mudah-mudahan bisa membantu kita untuk mengurangi dampak Covid-19,”katanya.

Kesuma pun menambahkan, setelah Vaksin Sinovak di terima,sasaran Vaksinasi yaitu usia 18 sampai 59 tahun.

” Tahap pertama iyalah 1.320 tenaga Kesehatan,10 pejabat, termasuk Forkopimda, nanti kita akan mengadakan rapat pendistribusian dan teknis terkait Vaksinasi. “jelasnya.

Ada pun nanti rencana yang pertama di vaksinasi Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona dan para pejabat Forkopimda, dan pelaksanaan vaksin akan digelar di Komplek Kantor Pemkab Pesawaran.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Instalasi Farmasi Provinsi Lampung Aris Aviantono, menjelaskan bahwa pendistribusian vaksin ini akan dilakukan secara bertahap.

“Ini merupakan distribusi kita yang pertama kali untuk di Kabupaten Pesawaran, dimana ada sebanyak 2.640 dosis vaksin yang kita distribusikan kesini. Untuk distribusinya memang secara bertahap karena ruang gudang juga tidak cukup, dan itu instruksi dari Kementerian Kesehatan bukan kami yang atur, kita hanya melakukan distribusinya saja,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah vaksin yang didistribusikan ini, memang belum memenuhi kebutuhan yang diusulkan oleh Pemkab Pesawaran. Namun, ada beberapa kategori masyarakat yang menjadi prioritas penyuntikan vaksin tersebut.

“Tadinya memang mau kita dropping pada tahap kedua sekaligus, tapi karena kebutuhan kita prioritaskan untuk segera dikirimkan ke Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus, dan yang pertama mendapatkan vaksin ini kita fokuskan untuk tenaga kesehatan dan beberapa pejabat forkopimda,”tuturnya.

Dari pantauan di lapangan vaksin tersebut diangkut menggunakan truk box dengan nomor polisi BE 9904 BZ, serta mendapatkan pengawalan ketat dari anggota Polda Lampung, Brimob dan Polres Pesawaran.(zainal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed